Efektivitas Pelaksanaan Pengayaan dan Remedial bagi Pencapaian Ketuntasan Belajar Mata Pelajaran PAK dalam Bingkai Pendekatan Penilaian di SMPN 4 Mengkendek

Morante, Rosma Yunita (2021) Efektivitas Pelaksanaan Pengayaan dan Remedial bagi Pencapaian Ketuntasan Belajar Mata Pelajaran PAK dalam Bingkai Pendekatan Penilaian di SMPN 4 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
rosma_skpp.doc

Download (56kB)
[img] Text
rosma_hd.doc

Download (151kB)
[img] Text
rosma_kp.doc

Download (64kB)
[img] Text
rosma_bab_1.doc

Download (70kB)
[img] Text
rosma_bab_2.doc

Download (409kB)
[img] Text
rosma_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
rosma_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
rosma_bab_5.doc

Download (17kB)
[img] Text
rosma_dp.doc

Download (33kB)
[img] Text
rosma_lp.doc

Download (661kB)
[img] Text
rosma_cv.doc

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertitik tolak dari cara guru dalam menerapkan model pelaksanaan pengayaan dan remedial dalam mencapai ketuntasan belajar, sehingga difokuskan pada rumusan pertanyaan apakah pelaksanaan pengayaan dan remedial sudah efektif dalam mencapai ketuntasan belajar. Permasalahan ini dibutuhkan kajian pustaka sebagai landasan untuk membangun analisis sebagai jawaban permasalahan tersebut. Adapun jenis penelitian yang telah penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMPN 4 Mengkendek Kecamatan Gandangbatu Sillanan, dan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengayaan dan remedial telah dilaksanakan, namun tidak beijalan secara efektif dalam mencapai ketuntasan belajar karena guru hanya melaksanakannya dua kali dalam satu semester (pada saat selesai ulangan harian ataupun pada saat selesai semester), tidak berdasarkan idealnya. Ketuntasan belajar bukan hanya terkait dengan ketercapaian nilai, namun ketercapaian sikap, pengetahuan dan keterampilan juga dapat diperoleh melalui transformasi pembelajaran yang di dalamnya di laksanakan pengayaan dan remedial. Kata kunci: Pengayaan, Remedial, Ketuntasan, Belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 10 Oct 2024 09:21
Last Modified: 10 Oct 2024 09:21
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item