Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Kristen Kandora Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana

Bangapadang, Pratiwi (2022) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Kristen Kandora Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
pratiwi_hd.docx

Download (136kB)
[img] Text
pratiwi_bab_1.docx

Download (21kB)
[img] Text
pratiwi_bab_2.docx

Download (32kB)
[img] Text
pratiwi_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
pratiwi_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
pratiwi_bab_5.docx

Download (17kB)
[img] Text
pratiwi_dp.docx

Download (9kB)
[img] Text
pratiwi_similarity.docx

Download (58kB)
[img] Text
pratiwi_lp.docx

Download (208kB)
[img] Text
pratiwi_cv.docx

Download (72kB)

Abstract

Pratiwi Bangapadang, Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Kristen Kandora Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja (dibimbing oleh Alfrida Lembang dan Yelinda Sri Silvia). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas VHI C SMP Kristen Kandora. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui empat siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, ini bisa dibuktikan bahwa pada siklus I terdapat 77% siswa dalam kelas yang motivasinya tergolong baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti pada siklus I terdapat 82% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM yaitu 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: m3 yulius p.
Date Deposited: 29 Feb 2024 14:03
Last Modified: 30 Jul 2024 09:42
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item