Analisis Metode Pemberian Tugas bagi Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KKM di SMP Kristen Sangalla

Datu, Marlianti (2021) Analisis Metode Pemberian Tugas bagi Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KKM di SMP Kristen Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
marlianti_skpp.doc

Download (65kB)
[img] Text
marlianti_hd.doc

Download (145kB)
[img] Text
marlianti_kp.doc

Download (77kB)
[img] Text
marlianti_bab_1.doc

Download (68kB)
[img] Text
marlianti_bab_2.doc

Download (253kB)
[img] Text
marlianti_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
marlianti_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
marlianti_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
marlianti_dp.doc

Download (23kB)
[img] Text
marlianti_lp.doc

Download (18kB)

Abstract

Marlianti Datu. Nirm 1020175573, menyusun skripsi dengan judul Analisis Metode Pemberian Tugas Bagi Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Kristen Sangalla. Skripsi ini ditulis karena penulis menemukan masalah di lapangan mengenai siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran karena mengalami hambatan dengan penugasan, tidak mengerti isi materi pembelajaran sehingga mereka tida bisa mengerjakan tugas atau mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan metode pemberian tugas. Tujuan penelitian ini menghubungkan atau mengaitkan metode pemberian tugas dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di masa pandemi Covid-19 di SMP Kristen Sangalla. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dan yang dikumpulkan melalui pengamatan langsung dari hasil observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII dan guru Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Sangalla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan metode pemberian tugas kurang efektif digunakan karena dapat memengaruhi hasil akhir belajar siswa. Terlihat siswa selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan penugasan banyak yang tidak memahami materi pembelajaran dan kendala-kendala yang ada sehingga hal itulah yang memengaruhi hasil akhir siswa menjadi menurun dibandingkan hasil pada proses pembelajaran tatap muka di kelas. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa metode pemberian tugas memengaruhi hasil belajar siswa kelas VII di SMP Kristen Sangalla menjadi menurun berdasarkan KKM Pendidikan Agama Kristen. Penugasan akan efektif jika diterapkan pada kondisi tertentu atau pada saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung dengan melibatkan guru dan siswa-siswi untuk berinteraksi. Kata Kunci: Metode, Pemberian Tugas, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Kristen, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Jan 2025 14:10
Last Modified: 13 Jan 2025 14:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item