: Implementasi Penilaian Autentik Aspek Sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 4 Bittuang

Lembang, Sri Sa'bu (2021) : Implementasi Penilaian Autentik Aspek Sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 4 Bittuang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sri_skpp.doc

Download (792kB)
[img] Text
sri_hd.doc

Download (166kB)
[img] Text
sri_kp.doc

Download (105kB)
[img] Text
sri_bab_1.doc

Download (66kB)
[img] Text
sri_bab_2.doc

Download (307kB)
[img] Text
sri_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
sri_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
sri_bab_5.doc

Download (23kB)
[img] Text
sri_dp.doc

Download (35kB)
[img] Text
sri_cv.doc

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK SRI SA’BU LEMBANG: “Implementasi Penilaian autentik aspek sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 di SMPN 4 Bittuang. ” Dibimbing oleh Setrianto Tarrapa’ dan Erwin Bunga Sapan, Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah mengetahui penerapan penilaian autentik aspek sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti sesuai dengan kurikulum 2013 di SMPN 4 Bittuang. Definisi penilaian autentik adalah secara komprehensif melakukan proses penilaian mulai dari input, proses dan output pembelajaran. Kompetensi inti untuk sikap spiritual tercantum pada KT 1. Sedangkan kompetensi sikap sosial tercantum pada KI 2. Jadi penilaian sikap ialah wah protes mengetahui perilaku spiritual dan sosial yang menjadi kecenderungan peserta didik pada kehidupan sehari-hari yang menjadi hasil pendidikan baik didalam maupun diluar kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sedangkan informan Dalam penelitian ini ialah Kepala sekolah SMPN 4 Bittuang, Guru PAK dan BP dan beberapa siswa-siswi SMPN 4 Bittuang. Untuk menentukan informan digunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi studi lapangan, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tahap mereduksi data, menyajikan, menginterpretasi dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari penilaian autentik aspek sikap ini masih belum maksimal dilaksanakan, karena di dalam melaksanakan penilaian sikap ini mulai dari perencanaan yang tercantum dalam RPP hanya lembar observasi/ pengamatan tanpa adanya instrumen penilaian diri dan penilaian antar teman, sehingga didalam melaksanakan penilaian guru hanya melakukan pengamatan saja didalam menilai sikap siswa, sehingga hasil nilai sikap siswa rata-rata baik dan didalam penyusunan deskripsi rata-rata sama. Selain itu di dalam melaksanakan penilaian autentik aspek sikap ini terdapat beberapa problematika yang dihadapi oleh guru PAK mulai dari perencanaan saat penyusunan instrumen dan pemberiaan skor instrumen, kemudian didalam melaksanakan penilaian sikap ini mengalami kesulitan didalam melaksanakan penilaian dengan berbagai macam teknik serta kesulitan didalam mengelolah nilai sikap dan membuat deskripsi nilai. Kata kunci: Penilaian Autentik, Aspek sikap, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 10 Oct 2024 09:00
Last Modified: 10 Oct 2024 09:00
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item