Analisis Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Revolusi Industri 4.0 di SMK Buntu Masakke’ Sangalla

Pasiang, Seprianti (2021) Analisis Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Revolusi Industri 4.0 di SMK Buntu Masakke’ Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
seprianti_hd.doc

Download (118kB)
[img] Text
seprianti_kp.doc

Download (66kB)
[img] Text
seprianti_bab_1.doc

Download (107kB)
[img] Text
seprianti_bab_2.doc

Download (270kB)
[img] Text
seprianti_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
seprianti_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
seprianti_bab_5.doc

Download (13kB)
[img] Text
seprianti_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
seprianti_cv.doc

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari kurangnya pemahaman guru terhadap desain pembelajaran yang diimplementasikan pada era revolusi industry 4.0. Akibatnya guru kesulitan didalam mengevaluasi pembelajaran dan sulit dalam mengenali model desain pembelajaran yang cocok yang akan diterapkan serta kurangnya minat belajar siswa. Penulisan ini dikaji dengan teori hakekat desain pembelajaran, dasar desain pembelajaran dalam alkitab, dan pembelajaran pada era revolusi industry 4.0. Penelitian ini di teliti dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yakni penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data secara langsung dan juga sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah dengan teknik penelitian lapangan, yang berupa wawancara dan observasi. Peneliti melakukan wawancara dengan tiga informan. Hasil penelitian membuktikan bahwa proses pembelajaran di SMK Buntu Masakke’ Sangalla menggunakan model desain pembelajaran dalam proses pembelajaran di era revolusi industry 4.0 namun guru tidak mengenali model desain yang digunakan akbitnya sulit untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah pada proses pembelajaran di SMK Buntu Masakke menggunakan model desain pembejaran Kemp yaitu model desain pembelajaran yang di kembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kata Kunci: Desain, Pembelajaran, Era Revolusi, Industry 4.0, Model Kemp Assure.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 31 Dec 2024 19:05
Last Modified: 31 Dec 2024 19:05
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item