Tiranda, Yakobus (2012) Pengaruh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 dan 2 di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yakobus_hd.doc Download (234kB) |
|
Text
yakobus_kp.doc Download (53kB) |
|
Text
yakobus_bab_1.doc Download (84kB) |
|
Text
yakobus_bab_2.doc Download (315kB) |
|
Text
yakobus_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
yakobus_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
yakobus_bab_5.doc Download (21kB) |
|
Text
yakobus_dp.doc Download (25kB) |
|
Text
yakobus_lp.doc Download (1MB) |
|
Text
yakobus_cv.doc Download (41kB) |
Abstract
“Pengaruh Undang-undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 dan 2 di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara.” Dalam proses mengajar tentu dibutuhkan kemampuan (kompetensi) yang meliputi Kompetensi Profesional, Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial seperti yang diamanatkan dalam UU guru dan dosen khususnya tentang sertifikasi. Upaya untuk memenuhi kompetensi termaksud telah diupayakan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu sertifikasi guru. Sertifikasi guru bukan sekedar untuk meningkatkan kesejahteraan para guru atau hanya mencari ijin kelayakan mengajar. Guru Pendidikan Agama Kristen di sekolah (PAK) dituntut agar memiliki kinerja yang baik. Kinerja yang dimaksud yaitu kemampuan mengelola proses pembelajaran PAK di sekolah sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang telah ditentukan. Berangkat dari pemahaman inilah, penulis meneliti sebuah permasalahan dengan judul pengaruh Undang-undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 dan 2 di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis metode asosiatif yang menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumenter dalam mengumpulkan data, yang kemudian selanjutnya menganalisis dengan menggunakan Software Statistical Package for the Social Science (SPSS) 20.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang positif dan signifikan antara Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (sertifikasi) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 dan 2 di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Berdasarkan hasil penelitian terhadap guru di SMPN 1 dan SMPN 2 Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara dapat disimpulkan bahwa Pengaruh UU guru dan dosen (sertifikasi) terhadap kinerja guru PAK yaitu sebesar 0.809 artinya UU guru dan dosen (sertifikasi) memengaruhi kinerja sebesar 80.9% sisanya 19.1% dipengaruhi variabel lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa UU guru dan dosen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru PAK sehingga semakin baik pencapaian sertifikasi maka semakin baik pula kinerja guru PAK di sekolah. Key word : Kompetensi.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 10:01 |
Last Modified: | 28 Dec 2024 10:01 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3827 |
Actions (login required)
View Item |