Studi Komparatif Efektivitas Penggunaan Metode Inquiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Antara Kelas XII IPA dengan Kelas XII IPS pada Tingkat Satuan Pendidikan Menengah Atas Negeri 1 Makale

Danga, Abraham Manasye (2013) Studi Komparatif Efektivitas Penggunaan Metode Inquiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Antara Kelas XII IPA dengan Kelas XII IPS pada Tingkat Satuan Pendidikan Menengah Atas Negeri 1 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
abraham_hd.doc

Download (175kB)
[img] Text
abraham_kp.doc

Download (121kB)
[img] Text
abraham_bab_1.doc

Download (110kB)
[img] Text
abraham_bab_2.doc

Download (534kB)
[img] Text
abraham_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
abraham_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
abraham_bab_5.doc

Download (55kB)
[img] Text
abraham_dp.doc

Download (58kB)
[img] Text
abraham_lp.doc

Download (2MB)
[img] Text
abraham_lp2.doc

Download (2MB)
[img] Text
abraham_cv.doc

Download (47kB)

Abstract

Abraham Manasye Danga, Nirm: 20082743. Menyusun skripsi dengan judul “Studi Komparatif Efektivitas Penggunaan Metode Inquiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Antara Kelas XII IPA dengan Kelas XII IPS pada Tingkat Satuan Pendidikan Menengah Atas Negeri 1 Makale Dalam peningkatan mutu dan kualitas sebuah pendidikan diperlukan metode pembelajaran yang efektif. Ada pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centre) dan ada juga pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centre). Untuk metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat dikatakan sebagai metode inquiri. Dalam perkembangan dunia yang terus meningkat, khususnya dalam dunia pendidikan dibutuhkan kematangan agar ada kesiapan untuk menghadapi bahkan hidup bermasyarakat di dalamnya. Di Indonesia, respon positif terus ditunjukkan untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Kurikulum terus dibenahi untuk mendapatkan kualitas yang baik lewat strategi yang kuat untuk menjawab tantangan zaman. Tujuan kurikulum Indonesia yang mengajak siswa untuk lebih kreatif, dapat dikategorikan adanya unsur penggunaan metode inquiri. Untuk itu maka penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana perbandingan penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen antara kelas XII IPA dengan kelas XII EPS pada Tingkat Satuan Pendidikan Menengah Atas Negeri 1 Makale? Metode inquiri adalah metode yang menekankan tentang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, berfikir secara sistematis, logis, kritis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan, kemudian membandingkan penemuan peserta didik satu dengan yang lain, posisi tenaga pendidik sebagai fasilitator, motivator dan rekan belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data. Tetapi di dalamnya juga terdapat pendekatan kuantitatif. Data kepustakaan diperoleh dengan melakukan penelusuran literatur terkait, sementara itu, data lapangan diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrument observasi dengan check-list, instrument wawancara dengan pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan meneliti dokumen-dokumen penting. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen antara kelas XII IPA dengan kelas XII IPS mempunyai perbedaan. Walaupun demikian, perbedaan itu ada yang tidak terlalu signifikan. Secara umum efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan metode inquiri efektif disetiap program kelas yang ada.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 05:26
Last Modified: 18 Dec 2024 05:26
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item