Peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) dalam Menanamkan Nilai Kristiani pada Anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0807 Efata Gandangbatu

Riska, Riska (2022) Peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) dalam Menanamkan Nilai Kristiani pada Anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0807 Efata Gandangbatu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
riska_skpp.doc

Download (50kB)
[img] Text
riska_hd.doc

Download (262kB)
[img] Text
riska_kp.doc

Download (78kB)
[img] Text
riska_bab_1.doc

Download (76kB)
[img] Text
riska_bab_2.doc

Download (143kB)
[img] Text
riska_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
riska_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
riska_bab_5.doc

Download (13kB)
[img] Text
riska_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
riska_lp.doc

Download (836kB)
[img] Text
riska_cv.doc

Download (21kB)

Abstract

RISKA. 2022. Peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) dalam Menanamkan Nilai Kristiani Pada Anak Usia 9-11 Tahun di PPA ID0807 Efata Gandangbatu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja. Pembimbing (I) Yanni Paembonan, M.Pd.K.; Pembimbing (II) Yohanes Krismantyo Susanta, M.Th Pokok masalah dalam penelitian ini adalah peran PPA dalam menanamkan nilai kristiani pada anak usia 9-11 tahun di PPA ID 0807 Efata Gandangbatu. Pusat Pengembangan Anak (PPA) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengembangan anak-anak yang berasal dari gereja mitra. PPA memiliki tujuan yaitu membebaskan anak-anak dari kemiskinan dalam nama Yesus dan mengembangkan anak secara holistik yaitu pengembangan spiritual, pengembangan fisik, pengembangan sosio emosi dan pengembangan kognitif sehingga dapat mengembangkan potensinya agar bermanfaat bagi sesama, lingkungan, keluarga , bangsa dan Negara. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) dalam menanamkan nilai kristiani pada anak dan untuk mengetahui perkembangan spiritual anak PPA yang duduk di kelas 3, dengan menggunakan metode kualitatif, dengan menggungakan observasi serta panduan wawancara yang disebut juga instrument penelitian sebagai cara pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah mentor dan peserta PPA usia 9-11 tahun yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) dalam menanamkan nilai kristiani kepada anak sudah dilaksanakan secara maksimal dengan menggunakan rencana pembelajaran yang bagi dalam empat (4) tahap yaitu kegiatan pembuka, kegiatan terpimpin, tanggapan dan aplikasi dan kegiatan penutup serta melalui konsep tentang PPA dalam pemahaman anak diketahui bahwa anak sangat senang dan tertarik belajar dalam PPA serta perkembangan spiritual mereka sudah mengalami peningkatan. RISKA. 2022. The Role of the Child Development Center (PPA) in Instilling Christian Values in Children aged 9-11 Years at PPA ID0807 Efata Gandangbatu. Thesis. Christian Religious Education Study Program Toraja State Christian Institute (IAKN). Supervisor (I) Yanni Paembonan, M.Pd.K.; Supervisor (II) Yohanes Krismantyo Susanta, M.Th The main problem in this study is the role of PPA in instilling Christian values in children aged 9-11 years at PPA ID 0807 Efata Gandangbatu. Child Development Center (PPA) is an activity to improve the development of children from partner churches. PPA has the goal of freeing children from poverty in the name of Jesus and developing children holistically, namely spiritual development, physical development, socio-emotional development and cognitive development so that they can develop their potential to benefit others, the environment, family, nation and State. The purpose of this research is to determine the role of the Child Development Center (PPA) in instilling Christian values in children and to determine the spiritual development of PPA children who are in grade 3, using qualitative methods, using observations and intervievv guides which are also called research Instruments as data collection method. The subjects of this study were mentors and PPA participants aged 9-11 years, totaling 33 people. the Child Development Center (PPA) in instilling Christian values in children has been carried out optimally by using a leaming plan which is divided into four (4) stages, namely opening activities, guided activities, responses and applications and closing activities and Through the concept of PPA in children's understanding, it is known that children are very happy and interested in leaming in PPA and their spiritual development has increased.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 25 Sep 2024 15:06
Last Modified: 25 Sep 2024 15:06
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item View Item