Ambarura, Paulina (2013) Tinjauan Teologis Praktis tentang Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Bermasalah di Sekolah Dasar Negeri 6 Sesean Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
paulina_hd.doc Download (1MB) |
|
Text
paulina_kp.doc Download (61kB) |
|
Text
paulina_bab_1.doc Download (95kB) |
|
Text
paulina_bab_2.doc Download (528kB) |
|
Text
paulina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text
paulina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text
paulina_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
paulina_dp.doc Download (16kB) |
|
Text
paulina_lp.doc Download (34kB) |
|
Text
paulina_cv.doc Download (7kB) |
Abstract
PAULINA AMBARURA,20113309, “Tinjauan Teologis Praktis Tentang Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Bermasalah di Sekolah Dasar Negeri 6 Sesean Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara: Skripsi ini dirampungkan dengan upaya untuk mengetahui mengapa orang tua kurang maksimal dalam menunjukkan perannya terhadap pendidikan anak SDN 6 Sesean. Data yang dikumpulkan sebagai hasil penelitian lapangan dengan melakukan wawancara dan observasi juga dari hasil pengalaman dikaji dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian terhadap responden menunjukkan bahwa orang tua sangat mengetahui pentingnya menunjukkan peran dalam proses pendidikan anak. peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting diperhatikan demi masa depan anak dan merupakan tuntutan Allah terhadap orang tua. Akan tetapi terdapat pengakuan dimana mereka kesulitan dalam melakukan perannya dalam hal mengontrol pembelajaran anak. Hal ini diakibatkan dari kurangnya pengetahuan orang tua sebagai akibat dari tingkat intelektual yang minim. Hal ini yang kemudian menarik untuk dikaji melihat banyak anak yang bermasalah di sekolah khususnya SDN 6 Sesean. Anak memiliki masalah tidak terlepas dari orang tua yang bermasalah. Keteladanan orang tua dalam menuntun karakter anak sangat penting khususnya mengajarkan tentang iman dan doa. Masalah anak dipengaruhi dari orang tua dalam mengontrol yang kurang memadai. Kurang maksimalnya orang tua dalam menjalankan perannya terhadap pendidikan anak di SDN 6 Sesean menimbulkan masalah terhadap anak. Masalah yang terjadi seperti anak yang tidak mengerjakan Pekerjaan rumah, anak datang terlambat, tidak lengkap dengan alat tulis menulis, prestasi menurun bahkan tidak mengalami kemajuan, pakaian tidak rapi atau robek, dan bersikap kasar terhadap sesama. Disisi lain, anak bermasalah sangat dipengaruhi dari tingkat perekonomian dan tingkat pendidikan orang tua. Masalah dalam keluarga tersebutlah yang mengakibatkan orang tua kurang maksimal dalam menunjukkan perannya dalam pendidikan anak.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 15:09 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 10:27 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |