Lillin, Hira (2015) Pengaruh Unsur Pembelajaran PAK terhadap Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Makale. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
hira_hd.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
hira_kp.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
hira_bab_1.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
hira_bab_2.pdf Download (766kB) |
![]() |
Text
hira_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
![]() |
Text
hira_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
hira_bab_5.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
hira_dp.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
hira_cv.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
hira_lp.pdf Download (5MB) |
Abstract
HIRA LILLIN, S.PAK, 2015 menyusun tesis dengan judul “Pengaruh Unsur Pembelajaran PAK Terhadap Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Makale” Pembelajaran adalah suatu hal yang sangat urgen dalam kehidupan setiap orang, dimana pembelajaran mencakup belajar dan mengajar sebagai suatu proses yang saling terkait. Dengan adanya pembelajaran diharapkan membawa perubahan pada diri siswa secara khusus bagi karakter mereka ke arah yang lebih baik. PAK merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk membimbing dan memperlengkapi individu menuju ke arah kedewasaan , khususnya dalam cara berpikir, bersikap,beriman dan berperilaku. Pada kenyataan kondisi di lapangan yang menunjukkan karakter kristiani siswa di SMA Negeri 1 Makale belum tampak, baik melalui sikap, tutur kata maupun tingkahlaku mereka, maka penulis tertarik mengkaji hal tersebut dalam kaitannya dengan pengaruh unsur pembelajaran PAK terhadap karakter siswa. Adapun masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah bagaimana pengaruh unsur pembelajaran PAK terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Makale serta unsur mana yang paling dominan mempengaruhi karakter siswa. Analisis penelitian dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil dalam hipotesis penelitian bahwa terbukti unsur pembelajaran PAK yaitu tujuan PAK, pendidik PAK, materi pembelajaran PAK, media pembelajaran PAK, metode pembelajaran PAK berpengaruh terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Makale karena Fhitung>Ftabei (17,921 > 3,89). Kemudian persamaan regresi linear menunjukkan P = 75,559 + 0,358. Artinya, setiap unsur pembelajaran PAK berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Makale. Sedangkan uji regresi menunjukkan F sebesar 17,921 adalah sangat signifikan pada a > 0,05. Kemudian berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis pertama, menunjukkan bahwa kondisi hubungan variabel unsur pembelajaran PAK (X) terhadap variabel karakter siswa SMA Negeri 1 Makale (Y) yang digambarkan dengan ryx sebesar 0,880 adalah kuat. Hal ini memiliki makna bahwa pengaruh variabel unsur pembelajaran PAK (X) terhadap variabel karakter siswa SMA Negeri 1 Makale (Y) memiliki pengaruh yang kuat, artinya bahwa pengaruh unsur pembelajaran PAK sangat signifikan terhadap karakter siswa SMA Negeri 1 Makale. Selanjutnya keeratan hubungan variabel unsiir pembelajaran PAK (X) terhadap variabel karakter siswa SMA Negeri 1 Makale (Y) digambarkan dengan determinasi varians sebesar 0,739 atau 73,9%. Kemudian unsur yang dominan mempengaruhi karakter siswa adalah unsur media pembelajaran PAK sebesar 0.263 atau 2,63 % dibandingkan dengan unsur yang lain hanya beberapa persen saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 19:14 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 19:14 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |