Ali, Nelpiyanthi (2012) Pembelajaran Kooperatif: suatu Studi tentang Hubungan Antara Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 220 Inpres Rantesa’ku’ Kecematan Mengkendek, Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
nelpiyanthi_hd.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_kp.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_bab_1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_bab_2.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text
nelpiyanthi_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
![]() |
Text
nelpiyanthi_bab_5.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_dp.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_lp.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
nelpiyanthi_cv.pdf Download (31kB) |
Abstract
NELPIYANTHI ALI, NIRM: 20072581 tahun 2012, menyusun skripsi dengan judul “PEMBELAJARAN KOOPERATIF”, dan subjudul “SUATU STUDI TENTANG HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SDN 220 INPRES RANTESA’KU’, KECAMATAN MENGKENDEK, KABUPATEN TANA TORAJA. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara prestasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 220 Inpres Rantesa’ku’. Pembelajaran kooperatif meliputi pemahaman tentang pembelajaran kooperatif, tujuan pembelajaran kooperatif, persiapan mengajar menggunakan pembelajaran kooperatif, pelaksanaan pembelajaran kooperatif. Sedangkan prestasi belajar siswa merupakan hasil yang telah dicapai siswa setelah belajar dengan pembelajaran kooperaif dapat dilihat dari senang mengikuti pelajaran, inovatif, kerja sama, punishment dan reward. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah hubungan antara prestasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 220 Inpres Rantesa’ku’ berada pada tingkat sedang. Selanjutnya hipotesis nihil (Ho) adalah hubungan antara prestasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 220 Inpres Rantesa’ku’ tidak berada pada tingkat sedang. Varibael bebas (independen) dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dan variabel terikat (dependen) adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 220 Inpres yang belajar Pendidikan Agama Kristen jumlah keseluruhannya 120 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan memperhatikan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% (0,05). Jumlah sampel adalah 55 anak, menggunakan teknik simple random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket (quesiioner), yang dibagikan kepada responden untuk diisi dan kemudian dianalisis dengan rumus korelasi product moment dari Pearson. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan rumus korelasi product moment dengan bantuan Microsoft Office Excel 2007. Nilai korelasi yang diperoleh adalah 0,435. Karena nilai ini tidak sama dengan 0 (nol) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Interpretasi terhadap nilai korelasi 0,435 adalah sedang sehingga terbukti bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif berpengaruh atau terdapat hubungan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SDN 220 Inpres Rantesa’ku’. Adapun sifat pengaruhnya atau hubungannya adalah signifikan dominan positif.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 19:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 19:38 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |