Sakaria, Sakaria (2013) Suatu Kajian Praktis tentang Aplikasi Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 5 Mengkendek Kelas IX. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
sakaria_hd.doc Download (123kB) |
![]() |
Text
sakaria_kp.doc Download (79kB) |
![]() |
Text
sakaria_bab_1.doc Download (102kB) |
![]() |
Text
sakaria_bab_2.doc Download (317kB) |
![]() |
Text
sakaria_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sakaria_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sakaria_bab_5.doc Download (18kB) |
![]() |
Text
sakaria_dp.doc Download (24kB) |
![]() |
Text
sakaria_lp.doc Download (129kB) |
![]() |
Text
sakaria_lp2.doc Download (147kB) |
![]() |
Text
sakaria_cv.doc Download (37kB) |
Abstract
Sakaria 20082823 menulis skripsi ini dengan judul suatu kajian praktis tentang Aplikasi Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 5 Mengkendek. Penggunaan metode pembelajaran jigsaw merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar, dan guru hanya sebagai pembimbing dan pendamping dalam berlangsungnya kegiatan belajar. Dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan, bagaimana guru PAK mengaplikasikan metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Kristen, di SMP Negeri 5 Mengendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sebab dalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian yang sangat diutamakan adalah mengungkap makna. Yaitu makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi melalui tindakan yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memberikan sumbangan terutama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme guru, menyiapkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang perilaku guru mengajar dan murid belajar. Sifat penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti yaitu kerjasama antara peneliti dengan pihak sekolah dan narasumber adalah siswa SMP Negeri 5 Mengkendek kelas IX. Pengembangan program didasarkan pada data-data informasi Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa metode jigsaw mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Pada pelajaran pendidikan agama Kristen (PAK) motivasi belajar siswa semakin meningkat di tiap pertemuan. Mulai dari meningkatnya dalam penguasaan materi, keberanian diskusi dan bertanya kepada teman yang telah menjelaskan materi juga pada gurunya serta semakin mempunyai tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Metode Belajar, Metode Jigsaw, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 15:35 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 15:35 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |