Tinjauan Teologis terhadap Kualitas Kepribadian Unggul Guru Agama Kristen di SMA Kristen Rantepao

Pakiding, Alexzander (2019) Tinjauan Teologis terhadap Kualitas Kepribadian Unggul Guru Agama Kristen di SMA Kristen Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
alexzander_skpp.doc

Download (52kB)
[img] Text
alexzander_hd.doc

Download (124kB)
[img] Text
alexzander_kp.doc

Download (79kB)
[img] Text
alexzander_bab_1.doc

Download (64kB)
[img] Text
alexzander_bab_2.doc

Download (682kB)
[img] Text
alexzander_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
alexzander_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
alexzander_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
alexzander_dp.doc

Download (34kB)
[img] Text
alexzander_lp.doc

Download (28kB)
[img] Text
alexzander_cv.doc

Download (55kB)

Abstract

Alexzander Pakiding (1020154414) dengan judul Tinjauan Teologis Terhadap Kualitas Kepribadian Unggul Guru Agama Kristen di SMA Kristen Rantepao. Dibimbing oleh James A. Lola, M.Th. dan Sanda Mongan, S.Th, M.Pd.K. Kajian ini muncul dari penghayatan penulis secara teologis dalam menilai realitas profesi keguruan Pendidikan Agama Kristen sebagai sebuah profesi yang banyak mengajarkan nilai-nilai agam Kristen kepada anak didik. Menjadi teladan dalam perkataan maupun tindakan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kepribadian guru itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya kepribadian guru agama Kristen tidak dapat disamakan secara menyeluruh dengan profesi lainnya. Penilaian dan penghayatan tersebut akan terurai dalam seluruh ide, dan teori secara teologis di dalam kajian ini. Kepribadian yang unggul merupakan hal yang sangat penting bagi guru secara umum dan kepada guru agama Kristen secara khusus. Realitas menunjukkan bahwa kualitas kepribadian seorang guru agama Kristen masa kini kurang mendapatkan perhatian akibatnya guru agama Kristen menjadi tidak berintegritas, berwibawa, rendah hati, tidak memiliki kasih, tidak ada sukacita dan damai sejahtera, dewasa secara emosional, stabil, arif, dan bijak dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan standar kompetensi kepribadian yang telah ditetapkan bagi guru. Pendidikan tidak cukup hanya berbicara soal pengetahuan (intelektualitas) namun menyangkut nilai-nilai moral serta etika (menyangkut hal yang benar dan yang salah) etiket (menyangkut tatakrama sopan santun profesi). Semua orang dapat mengajar namun tidak semua orang bijak dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Bagi guru, telah ditetapkan empat kompetensi yaitu “kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian” telah dijelaskan juga bahwa wajib diketahui oleh guru PAK tentang arti “sikap, pengetahuan dan ketermpilan” . Menjadi pendidik membutuhkan pendidikan yang memadai untuk dapat mencerdaskan anak-anak bangsa ke arah yang lebih baik cerdas dan berakhlak. Sebelum mengemban tugas tersebut maka seharusnya sang pendidik seharusnya profesional dalam bidangnya. Dalam menjelaskan kajian ini maka akan diadakan sebuah penelitian pustaka dan lapangan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif serta teknik-teknik untuk memperoleh data, menganalisisnya dan menarik sebuah kesimpulan yang dapat bermanfaat bagi pengembangan profesi keguruan Pendidikan Agama Kristen dan mutu lembaga STAKN Toraja. Seorang guru agama Kristen adalah pribadi yang harus berwibawa, rendah hati, memiliki damai sejahtera, berintegritas, memiliki kasih, menghargai orang lain, sopan, lemah lembut, memiliki kesetiaan, dapat mengontrol emosinya, memberikan suasana yang menyejukkan dan arif bijaksana dalam menjalankan tugasnya sebagai guru agama Kristen. AIexzander Pakiding (1020154414) with the title Theological Review of the Quality of the Superior Personality of Christian Religion Teachers in Rantepao Christian High School. Supervised by James A. Lola, M.Th. and Sanda Mongan, S.Th, M.Pd.K. This study arises from the appreciation of the theologian in assessing the reality of the teacher's profession of Christian Education as a profession that teaches many Christian religious values to students. Being an example in words and actions is something that carmot be separated from the personality of the teacher itself in everyday life. Of course the teacher's personality of Christianity cannot be equated as a whole with other professions. This assessment and appreciation will be broken down in all ideas, and theological theoiy in this study. Superior personality is very important for teachers in general and for teachers of Christianity in particular. Reality shows that the personality quality of a Christian teacher today is not getting enough attention as a result Christian teachers have no integrity, authority, humility, lack of love, no joy and peace, emotionally mature, stable, wise, and wise in carrying out its duties are in accordance with the standards of personality competence that have been set for the teacher. Education is not enough to just talk about knowledge (intellectuality) but it involves moral values and ethics (conceming the right and wrong) etiquette (conceming professional manners of manners). Everyone can teach but not all wise people in carrying out their duties as teachers. For teachers, four competencies, namely "pedagogic, social, professional, and personality" have been determined, also explained that it must be known by PAK teachers about the meaning of "attitude, knowledge and skillfulness". Becoming an educator requires adequate education to be able to educate the children of the nation towards a better intelligent and moral character. Before carrying out this task, the educator should be professional in his field. In explaining this study, a literature and field study will be conducted using qualitative research as well as techniques to obtain data, analyze it and draw conclusions that can be useful for the development of the Christian Religious Education teaching profession and the quality of the Toraja STAKN institution. A teacher of Christian religion is a person who must be authoritative, humble, have peace, have integrity, have love, respect others, are polite, gentle, have loyalty, can control their emotions, provide an atmosphere of soothing and wise wisdom in carrying out their duties as teachers Christianity.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 17 Jan 2025 14:55
Last Modified: 17 Jan 2025 14:55
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item