Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here dalam Membangun Percaya Diri Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas V SDN 8 Sangalla Utara

Bontong, Sumitra (2024) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here dalam Membangun Percaya Diri Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas V SDN 8 Sangalla Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sumitra_skpp.pdf

Download (52kB)
[img] Text
sumitra_hd.pdf

Download (297kB)
[img] Text
sumitra_kp.pdf

Download (335kB)
[img] Text
sumitra_bab_1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
sumitra_bab_2.pdf

Download (531kB)
[img] Text
sumitra_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
sumitra_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
sumitra_bab_5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
sumitra_dp.pdf

Download (288kB)
[img] Text
sumitra_lp.pdf

Download (392kB)
[img] Text
sumitra_lp2.pdf

Download (323kB)
[img] Text
sumitra_cv.pdf

Download (135kB)

Abstract

Percaya diri siswa di SDN 8 Sangalla Utara masih kurang, oleh karena itu guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here untuk membangun percaya diri siswa, dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam membangun percaya diri siswa, dengan teori mengacu kepada teori Mel Silberman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru PAK dan siswa kelas V, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, penulis mendapatkan data bahwa penerapan strategi everyone is a teacher here yang dilakukan oleh guru mampu membangun percaya diri siswa seperti siswa sudah berani bertanya, menyampaikan pendapat, dan menjawab pertanyaan didepan kelas, maka penerapan strategi ini dapat membantu siswa dalam membangun kepercayaan dirinya. Kesimpulan menjelaskan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here membangun percaya diri dalam mata pelajaran pendidikan Agama Kristen seperti siswa percaya pada kemampuan diri sendiri, tidak bergantung pada orang lain, mampu mengemukakan pendapat. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran everyone is a teacher here, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 08 Jan 2025 10:19
Last Modified: 08 Jan 2025 10:19
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3930

Actions (login required)

View Item View Item