Guru Harapanku: Pengaruh Tanggung Jawab Guru terhadap Siswa-Siswi dalam Proses Pembelajaran di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang, Kecematan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja

Sepriany, Sepriany (2012) Guru Harapanku: Pengaruh Tanggung Jawab Guru terhadap Siswa-Siswi dalam Proses Pembelajaran di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang, Kecematan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
sepriany_hd.doc

Download (173kB)
[img] Text
sepriany_kp.doc
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
sepriany_bab_1.doc

Download (48kB)
[img] Text
sepriany_bab_2.doc

Download (322kB)
[img] Text
sepriany_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
sepriany_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
sepriany_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
sepriany_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
sepriany_lp.doc

Download (511kB)
[img] Text
sepriany_cv.doc

Download (35kB)

Abstract

SEPRIANY, 2012. Menyusun skripsi dengan judul “GURU HARAPANKU”, dengan sub judul “PENGARUH TANGGUNG JAWAB GURU TERHADAP SISWA-SISWI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN NUSANTARA SIMBUANG-MENGKENDEK’. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab guru dalam mengajar, mendidik dan membimbing terhadap siswa-siswi dalam proses pembelajaran di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang-Mengkendek’. Tanggung Jawab Guru meliputi mengajar, mendidik dan membimbing, sedangkan proses pembelajaran meliputik aspek kognetif, afektif dan psikomotorik. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tanggung jawab guru terhadap siswa-siswi dalam proses pembelajaran di SMP Yayasan pendidikan nusantara simbuang-mengkendek. Selanjutnya hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada pengaruh tanggung jawab guru terhadap siswa-siswi dalam proses pembelajaran di SMP Yayasan pendidikan nusantara simbuang-mengkendek. Varibael bebas (independen) dalam penelitian ini adalah Pengaruh tanggung jawab guru dan variabel terikat (dependen) adalah proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah Semua guru yang ada di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang-Mengkendek jumlah keseluruhannya 21 orang. Jumlah sampel adalah 21 orang guru. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket (questioner), yang dibagikan kepada responden untuk diisi dan kemudian dianalisis dengan rumus korelasi product moment dari Pearson. Dari hasil hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab guru dalam mengajar, mendidik dan membimbing terhadap siswa-siswi dalam proses pembelajaran di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang- Mengkendek, dinyatakan “diterima”. Hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “tidak ada pengaruh yang signifikan antara guru dalam mengajar, mendidik dan membimbing terhadap siswa-siswi dalam proses pembelajaran di SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Simbuang-Mengkendek, dinyatakan “ditolak”.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Jan 2025 10:25
Last Modified: 03 Jan 2025 10:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item