Lumme, Sarlina Nelfi (2014) Peran Guru dalam Pengembangan Kepribadian Siswa Kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama PGRI Buntudatu di Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
sarlina_hd.doc Download (180kB) |
|
Text
sarlina_kp.doc Download (63kB) |
|
Text
sarlina_bab_1.doc Download (91kB) |
|
Text
sarlina_bab_2.doc Download (393kB) |
|
Text
sarlina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text
sarlina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text
sarlina_bab_5.doc Download (13kB) |
|
Text
sarlina_dp.doc Download (23kB) |
|
Text
sarlina_cv.doc Download (22kB) |
Abstract
Sarlina Nelfi Lumme menulis skripsi dengan berjudul “ Peran Guru Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa Kelas VII dan VIII Di Sekolah Menengah Pertama PGRI Buntudatu Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja”. Penelitian ini berlatar belakang atas keinginan penulis untuk mengetahui sejauh mana guru SMP PGRI Buntudatu melaksanakan perannya dalam proses belajar mengajar. Masalah perkembangan kepribadian anak-anak di Sekolah Menengah Pertama PGRI Buntudatu saat ini sudah sangat dipengaruhi perkembangan teknologi. Sudah banyak anak-anak atau siswa sekarang ini yang telah menggunakan salah perkembangan teknologi yang ada. Misalnya, ada anak-anak yang karena kemampuan untuk membuka internet (membuka film porno) akhirnya apa yang belum sewajarnya dilihat karena masih dibawah umur mereka akhirnya bisa lihat juga lewat internet, banyak juga anak-anak yang lebih suka bermain alat-alat elektronik seperti laptop dan handpone untuk berinternet dan main facebook daripada membaca Alkitab, belajar dan membantu orang tua, bahkan ada juga siswa yang sering berbohong kepada orang tuanya minta uang untuk membeli buku padahal digunakan salah untuk membeli pulsa, artinya perkataan dan tindakan siswa tidak lagi selaras. Oleh karena itu, peranan seorang guru sangat penting. Jadi, guru dalam peranannya untuk pengembangan kepribadian siswa, wajib bertanggung jawab melaksanakan peranannya tersebut dalam proses belajar mengajar. Dan dalam penelitian ini rumusan masalahnya yaitu bagaimana peran guru dalam pengembangan kepribadian siswa kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama PGRI Buntudatu Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dan pengumpulan data melalui pengamatan langsung (observasi) dan wawancara. Oleh karena itu untuk memperoleh berbagai informasi dari tempat penelitian tentang masalah dalam karya ilmiah ini, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menyusun kerangka pustaka penulis menggunakan study pustaka melalui buku-buku referensi. Dan respondennya ialah siswa kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama PGRI Buntudatu sebanyak lima orang siswa. Secara teoritis, peran guru dalam mengajar khususnya sebagai model dan teladan yaitu menjadi teladan merupakan bagian integral dari seorang guru, sehingga menjadi guru berarti menerima tanggung jawab untuk menjadi teladan. Guru sebagai teladan harus memberikan teladan kehidupan mengajar dengan kata-kata dan perbuatannya. Sebagai pengajar yaitu selalu membantu peserta didiknya untuk memahami bagaimana cara terbaik mendalami dan menguasai pelajaran yang sedang atau yang akan diikutinya. Sebagai pendidik yaitu bertugas memperlengkapi anak didik dengan berbagai kebutuhan supaya bertumbuh kuat dan dewasa. Sebagai motivator yaitu meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa. Sebagai pembimbing yaitu sebagai kegiatan menuntun anak didik dalam perkembangannya dengan jalan memberikan lingkungan dan arah yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Dimana peran seorang guru ialah suatu bagian yang dimainkan oleh seseorang yaitu guru dalam dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar. Seorang guru yang memiliki peran yang berkualitas dalam mengajar maka pengembangan kepribadian siswa akan berkembang dengan baik. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa guru SMP PGRI Buntudatu memiliki peran yang baik dan telah dilaksanakan dengan baik dalam proses belajar mengajar untuk mendukung dalam pengembangan kepribadian siswa. Dan semua hal tersebut telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 14:39 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 14:39 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3031 |
Actions (login required)
View Item |