Analisis Peran Guru PAK dalam Mengatasi Perilaku Buruk terhadap Siswa SDN 101 Makale 4 dari Perspektif Pendidikan Konsientisasi

Lembang, Soviana Sanda (2022) Analisis Peran Guru PAK dalam Mengatasi Perilaku Buruk terhadap Siswa SDN 101 Makale 4 dari Perspektif Pendidikan Konsientisasi. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
soviana_skpp.pdf

Download (60kB)
[img] Text
soviana_hd.doc

Download (1MB)
[img] Text
soviana_kp.doc

Download (77kB)
[img] Text
soviana_bab_1.doc

Download (75kB)
[img] Text
soviana_bab_2.doc

Download (167kB)
[img] Text
soviana_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
soviana_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
soviana_bab_5.doc

Download (12kB)
[img] Text
soviana_lp.doc

Download (526kB)
[img] Text
soviana_cv.doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Soviana Sanda Lembang. Menyusun Skripsi dengan judul : "Analisis Peran Guru PAK Dalam Mengatasi Perilaku Buruk Terhadap Siswa SDN 101 Makale 4 Dari Perspektif Pendidikan Konsientisasi" dibimbing oleh Dr. Abraham Sere Tanggulungan, M.Si dan Dr Selvianti, M.Th. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui peran pendidikan agama Kristen dapat mengatasi perilaku buruk siswa. Perilaku siswa dilihat dari sikap yang dimunculkan dalam kondisi tertentu siswa misalnya suatu perasaan gelisah ketika melanggar peraturan atau tata tertitip sekolah, sikap marah ketika diganggu teman, balikan perasaan takut ketika mendapat teguran dari guru-Sikap seperti itulah yang mengakibatkan murid tidak fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar. Melihat perilaku tidak baik dari murid contohnya sikap tidak menghargai guru ketika sedang mengajar atau memberikan nasehat kepada Siswa, Sikap tidak memperdulikan atau tidak memperhatikan meteri pelajaran yang disampaikan oleh guru didalam kelas serta memunculkan perilaku tidak sopan terhadap guru. Adapun metode penelitian digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana Penulis menganalisis dengan mengumpulkan data yakni observasi wawancara dengan teknik pengelolaan data melalui reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa Bentuk perilaku buruk siswa SDN 101 Makale 4 yaitu berkelahi ialah salah satu perbuatan yang tidak menyenakan karena mengganggu teman yang sedang belajar di kelas, Mengejek guru ialah perbuatan, Membantah guru ialah salah satu perbuatan yang tidak baik karena tidak sopan sama guru, di SDN 101 Makale 4 kebanyakan siswa menampakkan perilaku buruk. Karena guru SDN 101 Makale 4 ketika siswa bermasalah Guru hanya menegur saja tanpa tegas terhadap siswa. Kata Kunci : Peran Guru PAK, Perilaku Buruk siswa, pendidikan Konsientisasi ABSTRAK Soviana Sanda Lembang, compiled a thesis with the title: "Analysis ofthe role of christian religious education teachers in overcoming bad behavior towards students at SDN101 Makale 4from the perspective of conscientization education" guided by Dr. Abraham Sere Tanggulungan M.Si and Dr. Selvianti M.T.h. The purpose of the study was to determine the role of cristian religious education in overcoming studens' bad behavior student behavior can be seen from the attitudes that appear under certain conditions for example a feeling of anxietly when violating school rules or regulation an angry attitude when disturbed by friends and even feeling offear when receiving a reprimand from the teacher, such an attitude causes students not to focus on participating in the teaching and learning proces, seeing bad behavior from students, for example, the attitude ofnot respecting the teacher when teaching or giving advice to students, the attitude ofnot caring or not paying attention to the subject matter presented by the teacher in the clasroom and raisinvg disrespectful behavior to wards teachers. As for the research method used is a qualitative research method where the authors analyze by collecting data namely observation interviews with data management techniques through data reduction, display data and drawing conclusions. From the results of the study that the bad behavior of SDN 101 Makale 4 students namely fighting is an unpleasant act because it disturbs friends who are studying, mocking the teacher is bad act denying the teacher is one of the bad deeds because it is disrespectful with teachers at SDN 101 Makale 4 most students show bad behavior because teacher at SDN 101 Makale 4 when studens have problems the teacher only resrimands them without beingform on students. Key words : The role of Christian religious education teachers, student bad behavior, conscientization education.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:25
Last Modified: 31 Jul 2024 08:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item