Kamban, Selpiani (2016) Mendidik Anak TK tentang Injil: Analisis Pedagogis Metode Mendidik Anak TK Tentang Injil di TK Pongtiku Rindingallo, Kelurahan Pangala’, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. Diploma thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
selpiani_hd.docx Download (21kB) |
|
Text
selpiani_kp.docx Download (13kB) |
|
Text
selpiani_bab_1.docx Download (11kB) |
|
Text
selpiani_bab_2.docx Download (64kB) |
|
Text
selpiani_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
selpiani_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text
selpiani_bab_5.docx Download (7kB) |
|
Text
selpiani_dp.docx Download (7kB) |
|
Text
selpiani_lp.docx Download (8kB) |
|
Text
selpiani_cv.pdf Download (228kB) |
Abstract
Selpiani Kamban. Judul Skripsi: MENDIDIK ANAK TK TENTANG INJIL, dengan sub judul: Analisis Pedagogis Metode Mendidik Anak TK Tentang Injil di TK Pongtiku Rindingallo, Kelurahan Pangala’, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. (Dibimbing oleh ibu Tri Oktavia Silaban, M.Th, selaku pembimbing I dan bapak Dr. Calvin Sholla Rupa, selaku pembimbing II. Penulis tertarik untuk mengkaji topik ini, karena penulis sendiri sangat senang dengan dunia anak. Anak di usia TK sangat penting untuk dibina, diarahkan dan dibimbing baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan anak itu sangat penting, oleh karena itu sebaikya di usia emas ini anak juga di tanamkan emas yang sangat berharga yaitu anak memiliki nilai-nilai injil seperti iman anak kepada Tuhan, teladan-teladan Yesus seperti kesetiakawanan, kebersamaan, kesetaraan, kehidupan sosial dan pelayanan. Dalam menanamkan nilai injil ini tidak serta merta disampaikan kepada anak tetapi guru harus mampu menggunakan metode yang kreatif bagi anak dan mengetahui karakteristik anak sendiri dari aspek pertumbuhan dan perkembangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, yakni studi kepustakaan dan penelitian lapangan melalui cara pengamatan (observasi) dan wawancara (interview). Pemaparan data dilakukan secara analisis deskriptif. Dengan pengetahuan nilai-nilai injil sejak dini kepada anak, maka anak tidak hanya unggul dari pengetahuan saja tetapi juga unggul dalam budi pekerti. Kehidupan anak di masa remaja nantinya akan tertolong dan bahkan sepanjang kehidupan anak itu sendiri. Dengan metode mendidik anak tentang injil di TK. Maka guru TK akan mengetahui bagaimana cara penerapan metode mendidik anak TK tentang injil kepada anak, metode ini juga guru harus kreatif dalam penyampaiannya sehingga anak senang dan suka belajar terlebih melakukan nilai- nilai injil itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di TK Rindingallo belum maksimal dalam mendidik anak tentang nilai-nilai injil karena lebih memprioritaskan aspek kognitif anak saja, yang seharusnya meliputi tiga ranah pendidikan yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 19:02 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 19:02 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
View Item |