Peran Guru Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri I Pelambua Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka

Khrisyanti, Riena (2015) Peran Guru Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri I Pelambua Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Scholar thesis, IAKN Toraja.

[img] Text
riena_hd.docx

Download (46kB)
[img] Text
riena_kp.docx

Download (11kB)
[img] Text
riena_bab_1.docx

Download (12kB)
[img] Text
riena_bab_2.docx

Download (25kB)
[img] Text
riena_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
riena_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
riena_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
riena_dp.docx

Download (9kB)
[img] Text
riena_lp.docx

Download (65kB)
[img] Text
riena_cv.docx

Download (14kB)

Abstract

RIENA KHRISYANTI, 2015. Peran Guru Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri I Pelambua Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Belajar merupakan suatu proses perubahan seseorang untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. Untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam proses belajar mengajar, dibutuhkan kedisiplinan belajar dari siswa. Disiplin belajar merupakan suatu proses yang perlu dibentuk dan dilatih secara terns menerus supaya ada peningkatan. Guru tentunya turut berperan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran guru meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidian Agama Kristen siswa di SD Negeri 1 Pelambua Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini adalah guru pendidikan agama kristen dan siswa kelas V dan Kelas VI siswa SDN 1 Pelambua. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada pendapat Miles dan Huberman dengan prosedur reduksi data, data display (penyajian data) dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran PAK di SD Negeri I Pelambua (1) membangun kebiasaan disiplin dengan penerapan hukuman atau sanksi (2) memberi layanan konseling (3) menunjukkan keteladanan dalam disiplin (4) konsisten melaksanakan disiplin. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan perlunya ditingkatkan disiplin belajar siswa, karena dengan disiplin belajar yang tepat siswa akan memiliki prestasi belajar yang maksimal. Bagi guru SD Negeri 1 Pelambua hendaknya dalam memberikan pelajaran selalu memperhatikan sikap disiplin siswa karena hal ini akan berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Demikian pun dalam memberi sanksi hendaknya selalu disertai dengan bimbingan secara kontinu.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 27 Mar 2024 08:16
Last Modified: 30 Jul 2024 13:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item