Peran Strategi Pembelajaran PAK bagi Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 188 Bittuang

Lakawan, Novrianti (2016) Peran Strategi Pembelajaran PAK bagi Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 188 Bittuang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nofrianti_hd.docx

Download (16kB)
[img] Text
nofrianti_kp.docx

Download (14kB)
[img] Text
nofrianti_bab_1.docx

Download (10kB)
[img] Text
nofrianti_bab_2.docx

Download (34kB)
[img] Text
nofrianti_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
nofrianti_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
nofrianti_bab_5.docx

Download (7kB)
[img] Text
nofrianti_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
nofrianti_lp.docx

Download (7kB)
[img] Text
nofrianti_cv.pdf

Download (126kB)

Abstract

Novrianti Lakawan, Nirm 20123421, tahun 2016 menyusun skripsi dengan judul “Peran Strategi Pembelajaran PAK bagi Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 188 Bittuang”. Pembimbing Yan Malino, S.Th., M.Pd.K dan Dr. Selvianti. Dalam penelitian ini penulis mengkaji tentang peran strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi minat belajar siswa kelas V di SDN 188 Bittuang. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen sangat berperan untuk membangkitkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Strategi pembelajaran PAK adalah ilmu dan seni menggunakan sumber daya atau rencana yang cermat untuk mencapai sasaran dalam suatu proses belajar, strategi pembelajaran mengandung arti bagaimana guru merencanakan kegiatan mengajar dan pengajaran harus berkaitan dengan startegi yang akan digunakan dengan langkah-langkah yang efektif dan efisien, namun fakta di lapangan tidak sesuai yang diharapkan, dimana guru pendidikan agama kristen mengajar dengan metode yang tidak menarik seperti hanya mendikte siswa serta ceramah dalam pembelajarannya sehingga membuat siswa mengantuk dalam mengikuti pelajaran. Dalam merampung tulisan ini, metode penulisan yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan teknis pengolahan data melalui reduksi data, interpretasi data, dan analisis. Jumlah informan yang diteliti adalah dua orang guru pendidikan agama kristen dan 5 orang siswa kelas V di SDN 188 Bittuang. Hasil wawancara dengan informan yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru agama kristen di SDN 188 Bittuang belum sepenuhnya bertanggung terhadap tugas dan tanggung jawab mereka sebagi guru agama kristen yang seharusnya terampil dalam menggunakan berbagai strategi pembelajaran PAK agar menolong siswa untuk memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran agama kristen.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Mar 2024 19:34
Last Modified: 30 Jul 2024 10:35
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item