Guru Pendidikan Agama Kristen yang Ideal dan Relevansinya dalam Proses Belajar Mengajar di SMAN 2 Makale

Resti, Nopita (2015) Guru Pendidikan Agama Kristen yang Ideal dan Relevansinya dalam Proses Belajar Mengajar di SMAN 2 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nopita_hd.doc

Download (241kB)
[img] Text
nopita_kp.doc

Download (37kB)
[img] Text
nopita_bab_1.doc

Download (99kB)
[img] Text
nopita_bab_2.doc

Download (629kB)
[img] Text
nopita_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
nopita_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
nopita_bab_5.doc

Download (58kB)
[img] Text
nopita_dp.doc

Download (18kB)
[img] Text
nopita_lp.doc

Download (10kB)
[img] Text
nopita_cv.doc

Download (28kB)

Abstract

Nopita Resti, Nirm 20113232, dengan judul skripsi: GURU PAK YANG IDEAL DAN RELEVANSINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMAN 2 MAKALE. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menjadi guru PAK ideal dan relevansinya di SMAN 2 Makale. Guru sebagai tenaga kependidikan yang bertanggung jawab atas pendidikan anak di sekolah haruslah dibekali dengan kemampuan mendidik sehingga jalannya proses belajar mengajar bisa beijalan dengan baik. Guru tidak dapat menyampaikan ilmunya dengan menggunakan satu metode saja melainkan menggunakan berbagai metode dan pendekatan agar dapat disenangi oleh siswa. Guru ideal adalah guru yang professional, guru yang mampu membimbing, mengarahkan, mengajar, menilai, mendidik, melatih, dan mengevaluasi peserta didik dengan tulus hati karena profesionalisme, dan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan siswa sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, dan dapat memberikan solusi bagi peserta didik yang mengalami masalah. Jadi guru yang ideal yang diharapkan oleh guru siswa yang berteman baik dengan siswa, sehingga sangat diperlukan seorang guru yang ideal untuk dapat mengembangkan dan menyiapkan proses belajar mengajar yang optimal dan membuat peserta didik untuk memiliki semangat dalam menerima pelajaran khususnya pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Namun penulis melihat guru PAK belum maksimal menjadi seorang guru ideal dan relevansinya dalam proses belajar mengajar sehingga penulis mengkaji masalah ini. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian di SMAN 2 Makale dan menggunakan penelitian kualitatif. Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa guru PAK yang ideal adalah guru yang mampu membangun komunikasi yang baik dengan siswa, memiliki kepribadian yang dapat diteladani serta menggunakan metode dan media pembelajaran secara kreatif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 04 Jan 2025 19:58
Last Modified: 04 Jan 2025 19:58
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item