Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 106 Manangalu, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur

Yudhis, Yudhis (2016) Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 106 Manangalu, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yudhis_hd.doc

Download (150kB)
[img] Text
yudhis_kp.doc

Download (42kB)
[img] Text
yudhis_bab_1.doc

Download (104kB)
[img] Text
yudhis_bab_2.doc

Download (194kB)
[img] Text
yudhis_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
yudhis_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
yudhis_bab_5.doc

Download (17kB)
[img] Text
yudhis_dp.doc

Download (22kB)
[img] Text
yudhis_lp.doc

Download (52kB)
[img] Text
yudhis_cv.doc

Download (29kB)

Abstract

YUDHIS. 2016. Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 106 Manangalu, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur. Pembimbing I: Alfrida Membala, M.Pd.K. dan pembimbing II: Theo Dedy Palimbunga, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 106 Manangalu, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur. Peran serta guru PAK dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar siswa berprestasi merupakan bukti nyata kineija guru PAK itu sendiri. Keberhasilan siswa adalah keberhasilan guru, prestasi siswa adalah prestasi guru. Oleh karena itu, guru semestinya mempunyai dan menyadari peran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Meningkatkan motivasi belajar siswa adalah salah satu kegiatan integral yang wajib ada dalam kegiatan pembelajaran. Selain memberikan dan mentransfer ilmu pengetahuan guru juga berperan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tidak bisa kita pungkiri bahwa motivasi belajar siswa satu dengan yang lain sangat berbeda, untuk itulah penting bagi guru selalu senantiasa memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa senantiasa memiliki semangat belajar dan mampu menjadi siswa yang beprestasi serta dapat mengembangkan diri secara optimal. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu mengamati dan melakukan wawancara dengan Guru PAK berjumlah satu orang dan siswa sebanyak lima orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran guru PAK dalam memotivasi siswa belajar di SDN 106 Manangalau, belumlah terlaksana secara maksimal. Untuk itu, disarankan agar guru lebih menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menjalin hubungan baik dengan siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Jan 2025 18:36
Last Modified: 03 Jan 2025 18:36
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item