Pagau', Andarias Pardi (2016) Penerapan Metode Belajar Mengajar Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK bagi Siswa Kelas X SMK Kristen Pelangi Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
andarias_hd.doc Download (210kB) |
|
Text
andarias_kp.doc Download (73kB) |
|
Text
andarias_bab_1.doc Download (80kB) |
|
Text
andarias_bab_2.doc Download (383kB) |
|
Text
andarias_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
andarias_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text
andarias_bab_5.doc Download (27kB) |
|
Text
andarias_dp.doc Download (22kB) |
|
Text
andarias_lp.doc Download (2MB) |
|
Text
andarias_cv.doc Download (70kB) |
Abstract
Pagau, Andarias, Pardi, 20123366, Penerapan Metode Belajar Mengajar Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK bagi Siswa Kelas X SMK Kristen Pelangi Makale. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja, di bawah bimbingan Dr. Maidiantius Tanyid, M. Th dan Yan Malino, S. Th, M. Pd. K. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu siswa yang ditempatkan sebagai objek belajar yang hanya berperan sebagai penerima informasi secara pasif dari guru. Mengatasi hal tersebut diperlukan suatu metode yang tepat. Salah satu metode yang dimaksud adalah metode Contekstual Teaching and Leaming (CTL). Metode CTL merupakan suatu strategi belajar mengajar untuk mendorong siswa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata dan dapat membuat siswa untuk belajar secara individual mapun berkelompok. Dengan adanya metode CTL ini, maka guru tidak akan memposisikan dirinya lagi sebagai satu-satunya sumber pengetahuan namun siswa juga yang akan menjadi sumber pengetahuan. Penulis skripsi ini, mencakup pengertian metode CTL, Langkah-langkah Pembelajaran CTL, Asas-asas pengajaran CTL serta Hasil Belajar PAK. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAK dengan menggunakan metode CTL di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Pelangi Makale. Dalam penelitian ini, penulis menetapkan objek yang diteliti dilapangan adalah siswa kelas X TAB I, dan X TKR I SMK Kristen Pelangi Makale yang beijumlah 65 siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu menggunakan tipe penelitian observasi, dan tindakan. Setelah penulis melakukan penelitian di lapangan, maka hasil penelitian adalah penerapan metode belajar mengajar kontekstual meningkatkan hasil belajar PAK bagi siswa kelas X SMK Kristen Pelangi Makale. Penulis sarankan kepada semua pembaca, khususnya bagi guru atau calon guru agar menjadikan tulisan ini bahan pertimbangan dalam merancang sistem pembelajaran dan juga sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran yang akan dilakukan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 18:33 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 18:33 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3748 |
Actions (login required)
View Item |