Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Moral Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring di SMK PGRI Mebali

Debi, Delfiana (2021) Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Moral Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring di SMK PGRI Mebali. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
delfiana_skpp.doc

Download (43kB)
[img] Text
delfiana_hd.doc

Download (180kB)
[img] Text
delfiana_kp.doc

Download (85kB)
[img] Text
delfiana_bab_1.doc

Download (71kB)
[img] Text
delfiana_bab_2.doc

Download (378kB)
[img] Text
delfiana_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
delfiana_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
delfiana_bab_5.doc

Download (16kB)
[img] Text
delfiana_dp.doc

Download (50kB)
[img] Text
delfiana_cv.doc

Download (61kB)

Abstract

DELFIANA DEBI, Kajian Pedagogis Tentang Pendidikan Moral Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring Di SMK PGRI Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan. (Dibimbing oleh Bapak Yan Malino dan Ibu Sumiaty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan moral peserta didik melalui pembelajaran daring di SMK PGRI Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Sebagai pendidik harusya menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar. Di mana tidak hanya bertugas mentansfer ilmu pengetahuan akademik saja kepada peserta didik tetapi yang terpenting ialah membina moral peserta didik agar semakin berkembang ke arah yang baik. Moral itu ialah dasar bagi seseorang untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa di SMK PGRI Mebali untuk mendapatkan data-data yang akurat demi menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Untuk dapat mengelolah data-data yang telah diperoleh dari beberapa informan, maka penulis menggunakan teknik analisi data yaitu reduksi data, data display (penyajian data), interprestasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moral peserta didik selama pembelajaran daring di SMK PGRI Mebali kurang efektif karena para pendidik kesulitan untuk memberikan pendidikan moral melalui virtual dengan melihat berbagai hambatan-hambatan yang dialami oleh pendidik. Untuk memberikan pendidikan moral kepada peserta didik itu harus dengan bertatap muka supaya guru dapat melihat reaksi atau perilaku yang sebenarnya dari peserta didik tersebut, supaya mudah untuk memberikan nasehat-nasehat atau motivasi yang sesuai dengan karakter anak itu. Sudah sebagian pendidik dan kepala sekolah sudah menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar, dengan melihat cara guru dan kepala sekolah mendidik peserta didik yang berperilaku kurang baik supaya dapat berubah menjadi anak yang bermoral baik. Dalam dunia pendidikan terkhusus kepada mahasiswa yang akan terjun dalam dunia pendidikan hendaknya betul-betul dibekali dengan pendidikan moral yang baik sehingga dapat di terapkan ketika sudah terjun ke lapangan, sebab sebagai seorang pendidik hendaknya harus menjadi teladan yang baik kepada peserta didik. Kata kunci: Pedagogis, Moral, Peserta didik, Daring.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 14 Dec 2024 06:28
Last Modified: 14 Dec 2024 06:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item