Peran Orangtua terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 232 Inpres Dulang, Kecamatan Rantetayo

Lembang, Dina Tangke (2009) Peran Orangtua terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 232 Inpres Dulang, Kecamatan Rantetayo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
dina_hd.doc

Download (139kB)
[img] Text
dina_kp.doc

Download (63kB)
[img] Text
dina_bab_1.doc

Download (80kB)
[img] Text
dina_bab_2.doc

Download (201kB)
[img] Text
dina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
dina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
dina_bab_5.doc

Download (19kB)
[img] Text
dina_dp.doc

Download (31kB)
[img] Text
dina_cv.doc

Download (17kB)

Abstract

Dina Tangke Lembang : Peran Orangtua terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PAK di SDN 232 Inpres Dulang, Kecamatan Rantetayo” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kualitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 232 Inpres Dulang, Kecamatan Rantetayo. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian lapangan yang dengan menyajikan data sesuai dengan fakta yang diperoleh di lapangan penelitian. Populasi orangtua peserta didik sebanyak 42 Kepala keluarga. Sampel yaitu sebanyak 30 orang yang ditarik secara acak. Teknik Pengumpulan data; dokumentasi dan angket. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis rata-rata. Dari hasil penelitian membuktikan orang tua belum berperan aktif secara maksimal dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik yaitu baru 57,50 persen di antaranya yang dinyatakan berperan aktif. Peran orangtua sangat berpengaruh terhadap kualitas belajar dalam mata pelajaran PAK dimana semakin berperan orangtua, semakin tinggi pula kualitas hasil belajar peserta didik hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini yang mengatakan. diduga ada bubungan positif antara peran orang tua dalam pendidikan anak di rumah dengan kualitas belajar di sekolah, dinyatakan diterima.Terbukti dari 14 nilai prestasi belajar yang tinggi, 9 atau 64,28% di antaranya diperoleh oleh peserta didik yang orangtuanya berperan aktif. Peran orangtua berpengaruh positif terhadap kualitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 232 Inpres Dulang, Kecamatan Rantetayo, tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 10 Dec 2024 19:10
Last Modified: 10 Dec 2024 19:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item