Pattola, Reni (2015) Analisis Perhatian Orang Tua bagi Anak Kelas IV SDN Inpres Ranteba'tan dalam Proses Belajar di Sekolah. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
reni_hd.doc Download (223kB) |
|
Text
reni_kp.doc Download (73kB) |
|
Text
reni_bab_1.doc Download (47kB) |
|
Text
reni_bab_2.doc Download (248kB) |
|
Text
reni_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
reni_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text
reni_bab_5.doc Download (15kB) |
|
Text
reni_dp.doc Download (28kB) |
|
Text
reni_cv.doc Download (52kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis perhatian orang tua terhadap anak kelas III SDN 219 Inpres Ranteba’tan dalam proses belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara kongkrit bagaimana perwujudan perhatian orang tua terhadap anak kelas III SDN 219 Inpres Ranteba’tan dalam proses belajar PAK di sekolah. Perhatian orang tua merupakan faktor yang penting dalam membimbing kesuksesan belajar anak karena yang menjadi guru bagi anak di dalam keluarga adalah orang tua. Tetapi jika anak kurang mendapat perhatian dari orangtua dapat menyebabkan seorang anak menjadi malas, acuh tak acuh dan kurang minat dalam belajarnya. Anak membutukan rangsangan, dorongan, bimbingan atau motivasi dari orangtuanya. Orang tua selalu sibuk dengan pekerjaannya akan mengakibatkan kontrol dan bimbingan terhadap anak didalam belajar sangat kurang, dan dapat menyebabkan anak kurang bergairah dalam belajarnya. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan mengunakan observasi dan wawancara. Jumlah informan yang di teliti adalah tiga orang tua siswa dan tiga siswa. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa perhatian orang bagi anak kelas III SDN 219 Inpres Ranteba’tan dalam proses belajar di sekolah dapat dikatakan kurang maksimal, sehingga banyak siswa yang memiliki prestasi belajar kurang. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut antara lain: kurangnya wujud perhatian orangtua terhadap proses belajar anak, orang tua jarang menemani dan membantu anak saat mengalami kesulitan dalam belajar. Responden mengetahui bahwa perhatian terhadap anak penting tetapi kurang diwujudkan terhadap anak.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 14:41 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 14:41 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3584 |
Actions (login required)
View Item |