Yusriani, Yusriani (2012) Pemanasan Global: Kajian Teologis-Praktis tentang Peranan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen terhadap Kesadaran Diri Siswa dalam Penanggulangan Dampak Pemanasan Global di SMA Negeri 1 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yusriani_hd.doc Download (151kB) |
|
Text
yusriani_kp.doc Download (79kB) |
|
Text
yusriani_bab_1.doc Download (114kB) |
|
Text
yusriani_bab_2.doc Download (365kB) |
|
Text
yusriani_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
yusriani_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text
yusriani_bab_5.doc Download (32kB) |
|
Text
yusriani_dp.doc Download (30kB) |
|
Text
yusriani_lp.doc Download (6kB) |
|
Text
yusriani_cv.doc Download (23kB) |
Abstract
YUSRIANI (20072724), tahun 2012. Menyusun skripsi dengan judul “PEMANASAN GLOBAL” dan subjudul “Kajian Teologis-praktis tentang peranan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen terhadap kesadaran diri siswa dalam penanggulangan dampak Pemanasan Global di SMA Negeri 1 Makale. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada peranan kurikulum pendidikan Agama Kristen terhadap kesadaran diri siswa dalam penanggulangan dampak pemanasan global di SMA Negeri 1 Makale. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Alfrida L.Membala, S.PAK dan Bapak Rannu Sanderan, S.Th. Pemanasan Global merupakan masalah lingkungan yang saat ini sudah menjadi masalah yang cukup pelik. Keseimbangan ekosistem mulai rusak akibat dari ulah manusia yang semakin mengeksploitasi alam. Dampak dari pemanasan global semakin dirasakan saat ini, misalnya suhu bumi yang semakin panas dan perubahan iklim yang semakin tidak menentu. Kondisi ini yang kemudian menjadi bahan pemikiran penulis untuk melihat bagaimana kurikulum PAK berperan terhadap kesadaran diri siswa untuk menjaga lingkungannya. Dalam merampungkan penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunkan observasi dan wawancara dengan teknik analisis melalui reduksi data, display data, interpretasi data, dan analisis. Jumlah informan yang diteliti adalah tujuh orang siswa SMA Negeri 1 Makale. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara penulis kemudian mengelompokkan hasil wawancara ke dalam tiga pokok pikiran. Dari pokok pikiran ini yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Siswa-siswa di SMA negeri 1 Makale sudah memiliki pemahaman awal tentang pemanasan global. Pemahaman yang mereka dapatkan berasal dari berbagai sumber. Kurikulum PAK di tingkat SMA telah menjelaskan sedikit tentang materi pemeliharaan lingkungan tetapi hanya sebatas pada rana kognitif. Dampak dari pemanasan global sudah sangat dirasakan, sehingga PAK yang mengajarkan tentang nilai-nilai kristiani perlu membentuk karakter siswa untuk peduli terhadap lingkungannya. Kurikulum PAK diharapkan dapat membentuk karakter siswa untuk peduli dengan lingkungannya sebagai bagian dari nilai-nilai kristiani. Nilai-nilai kristiani membantu setiap orang untuk melihat bagaiamana hubungannya dengan sesama dan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 14:15 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 14:15 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3444 |
Actions (login required)
View Item |