Motivasi Belajar: suatu Tinjauan Teologis Mengenai Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen pada SD Negeri 190 Muktisari Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara

Rante, Daniel (2009) Motivasi Belajar: suatu Tinjauan Teologis Mengenai Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen pada SD Negeri 190 Muktisari Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
daniel_hd.doc

Download (79kB)
[img] Text
daniel_kp.doc

Download (63kB)
[img] Text
daniel_bab_1.doc

Download (431kB)
[img] Text
daniel_bab_2.doc

Download (494kB)
[img] Text
daniel_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
daniel_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
daniel_bab_5.doc

Download (237kB)
[img] Text
daniel_dp.doc

Download (44kB)
[img] Text
daniel_lp.doc

Download (35kB)
[img] Text
daniel_cv.doc

Download (7kB)

Abstract

DANIEL RANTE, 2008, “MOTIVASI BELAJAR” dengan Sub Judul Suatu Tinjauan Teologis mengenai Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen pada SD Negeri 190 Muktisari Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Pengajaran Yesus kepada murid-muridNya yang kemudian dikenal dengan “Amanat Agung” Pekeijaan Yesus di dunia yang kemudian diamanatkan kepada murid/ pengikut-pengikutNya adalah mengajar dan melayani, memberitakan Firman, membaptiskan (Mat 28:19). Kemudian menjadi sumber dan acuan utama pendidikan dan pengajaran bagi umat mula-mula. Dalam Peganjian Baru telah mengemban dan melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran ini, baik dalam arti pewarisan iman, nilai dan pengetahuan, maupun dalam pembentukan watak kristiani, yang bertujuan menghasilkan perubahan dan peningkatan dalam diri manusia sebagai pribadi maupun persekutuan atau masyarakat Pendidikan berarti suatu proses untuk mengembangkan semua aspek kepribadian manusia, yang mencakup pengetahuannya (kognisi), nilai sikapnya (afeksi), serta ketrampilannya (psikomotoris). Oleh karena itu ada nilai-nilai yang akan ditranformasikan. Nilai-nilai tersebut mencakup nilai-nilai religi, kebudayaan, sains dan teknologi, seni dan nilai ketrampilan. Sehingga materi yang diberikan di sekolah berhubungan langsung dengan perkembangan pribadi anak. Materi yang mencakup nilai dan norma yang berhubungan langsung dengan perkembangan sains dan teknologi, serta kecakapan-kecakapan tertentu. Penelitian terhadap siswa kelas V SD Negeri 190 Muktisari Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara tentang motivasi belajar dapat disimpulkan bahwa antara motivasi belajar dan prestasi belajar PAK terdapat keterkaitan yang cukup signifikan. Motivasi belajar juga memberikan kontribusi pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Kristen. Dari hasil penelitian melalui angket atau kuessioner akumulasi skor rata-rata mencapai 3,94, dengan kriteria penafsiran baik. Minimnya motivasi belajar siswa mempengaruhi menurunnya prestasi belajar siswa mata pelajaran PAK. Adapun menurunnya motivasi belajar disebabkan karena beberapa faktor yaitu materi pembelajaran PAK yang tidak integral dengan materi pada sekolah minggu di gereja, minimnya ketersediaan sumber-sumber pembelajaran PAK berupa buku-buku paket PAK, tidak dinilainya tugas siswa dan buku tugas siswa yang jarang dikembalikan ke siswa oleh guru PAK serta guru PAK kurang mendorongan atau memotivasi siswa untuk mempelajari PAK. Hasil penelitian secara umum menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dan menurunnya pretasi belajar siswa disebabkan motivasi belajar siswa sangat kurang. Dengan demikian penelitian terhadap siswa kelas V SD Negeri Muktisari Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara menerima hipotesa yaitu motivasi belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Dec 2024 11:30
Last Modified: 03 Dec 2024 11:30
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item