Resti, Yulvita (2021) Analisis Efektivitas Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pencapaian Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 151 Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yulvita_similarity.docx Download (32kB) |
|
Text
yulvita_hd.docx Download (88kB) |
|
Text
yulvita_kp.docx Download (15kB) |
|
Text
yulvita_bab_1.docx Download (31kB) |
|
Text
yulvita_bab_2.docx Download (47kB) |
|
Text
yulvita_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text
yulvita_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text
yulvita_bab_5.docx Download (8kB) |
|
Text
yulvita_dp.docx Download (10kB) |
|
Text
yulvita_lp.docx Download (39kB) |
|
Text
yulvita_lp.docx Download (39kB) |
|
Text
yulvita_cv.docx Download (16kB) |
Abstract
Topik tentang Analisis Efektivitas Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL) Dalam Pencapaian Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 151 Sillanan bertitik tolak dari permasahan yang terjadi bahwa guru pendidikan agama Kristen di SDN 151 Sillanan masih terbiasa dengan pengajaran pola lama seperti ceramah, mendikte dan menghafal sehingga hal tersebut mengakibatkan peserta didik menjadi pasif dan jenuh bahkan kurang mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas dari strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning jika diterapkan di SDN 151 Sillanan. Dalam penelitian ini, penulis memakai metode PTK untuk mengetahui apakah strategi Contextual Teaching and Learning cocok diterapkan di SDN 151 Sillanan atau tidak. Metode ini diterapkan dalam bentuk perencanaan, tindakan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa metode ceramah kurang membangun pengetahuan siswa dan siswa cenderung pasif sehingga diterapkanlah Strategi CTL untuk mewujudkan pembelajaran yang dapat menuntun siswa kepada kemampuan menemukan ide-ide berpikir dalam menemukan materi pembelajaran yang dipelajari serta menuntun siswa sehingga siswa bukan hanya kaya akan pegetahuan tetapi siswa akan memiliki budi pekerti yang baik dan memiliki keterampilan. Dari hasil tindakan yang dilakukan selama 3 kali putaran siklus diperoleh data bahwa kemampuan siswa baik dari aspek afektif, kognitif dan juga keterampilan pada setiap siklus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, hal tersebut menunjukkan bahwa CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa dan efektif untuk diterapkan namun tidak lepas dari berbagai macam tantangan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 15:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 13:48 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |