Pangalingan, Noviyanti (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar PAK di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
noviyanti_hd.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
noviyanti_kp.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
noviyanti_bab_1.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
noviyanti_bab_2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
noviyanti_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
noviyanti_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text
noviyanti_bab_5.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
noviyanti_dp.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
noviyanti_lp.pdf Download (2MB) |
Abstract
NOVIYANTI PANGALINGAN, S.Pd.K, 2014 menyusun tesis dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar PAK Di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar”. Judul ini dipilih karena kecerdasan emosional sangat besar pengaruhnya bagi keberhasilan seseorang. Menurut Golmen kecerdasan itelektual (IQ) hanya memberikan 20 % dan selebihnya yaitu 80% ditentukan oleh kecerdasan emosional. Berangkat dari konsep ini, kecerdasan emosional khususnya pada siswa di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar masih rendah sehingga berdampak pada hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada tahun pelajaran 2013/2014 semester ganjil. Bagian-bigian yang termasuk dalam kecerdasan emosional sangat banyak. Dalam penulisan dan penelitian ini akan dibahas dalam lima dimensi, diantaranya self awareness, self regulation, motivation, empaty, and Sosial skills terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen terlihat dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar PAK Di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar serta dimensi mana yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil bahwa Dalam hipotesis penelitian ini, Ho ditolak, Ha diterima, artinya Kecerdasan Emosional siswa dalam hal self awareness, self regulation, motivation, empaty, and sosial skills berpengaruh terhadap Hasil Belajar PAK di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar karena hanya bernilai 2.782%. Tetapi korelasi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAK mencapai taraf signifikansi sedang yaitu 0.587. Dimensi yang dominan mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada tahun pelajaran 2013/2014 semester ganjil adalah dimensi memahami emosi orang lain (social skill) sebesar 0.504%. Dapat dipastikan bahwa kecerdasan emosional siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAK di SMP Yayasan Perguruan PGRI Disamakan Makassar. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai kecerdasan emosional hendaknya dilakukan oleh oleh para guru dalam kaitannya terhadap pemberian penilaian hasil belajar kepada siswa secara objektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 14:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 14:14 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |