Analisis Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui strategi 4 M (Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan) bagi Kinerja Guru di UPT SMAN 4 Toraja Utara

Riandoyo, Riandoyo (2019) Analisis Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui strategi 4 M (Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan) bagi Kinerja Guru di UPT SMAN 4 Toraja Utara. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
riandoyo_hd.pdf

Download (384kB)
[img] Text
riandoyo_kp.pdf

Download (92kB)
[img] Text
riandoyo_bab_1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
riandoyo_bab_2.pdf

Download (968kB)
[img] Text
riandoyo_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
riandoyo_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
riandoyo_bab_5.pdf

Download (67kB)
[img] Text
riandoyo_dp.pdf

Download (117kB)
[img] Text
riandoyo_cv.pdf

Download (30kB)

Abstract

Pengembangan mutu sumber daya manusia khususnya peningkatan kinerja guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin survive sepanjang masa, karena guru pada institusi sekolah merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah dan kinerja guru bisa meningkat jika kepala sekolah dalam kepemimpinan piawai membentuk pribadi guru yang bermotivasi tinggi, berprestasi tinggi dan mampu mengelola organisasi sekolah dan organisasi pembelajaran secara profesional. Mutu sekolah seringkali dikaitkan dengan kinerja guru yang dimiliki yaitu guru yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengungkap seberapa jauh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah melalui strategi 4M (Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan) bagi Kinerja Guru SMAN 4 Toraja Utara. Dasar inilah memunculkan pertanyaan masalah bahwa bagaimana Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui strategi 4M (mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan) bagi kinerja Guru SMA Negeri 4 Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan kepustakaan demikian pula dengan teknik analisis data model miles dan hiberman yaitu dengan reduksi data, display data dan interpretasi data. Melalui analisis hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru dapat dibangun melalui kepemimpinan kepala sekolah secara efektif di lingkungan SMA Negeri 4 Toraja Utara dengan strategi kepemimpinan mempengaruhi untuk membangun kinerja guru menjadi lebih baik dari kompetensi kepribadiannya yang bertingkah laku sopan, berbudaya, keteladanan, mampu mengambil keputusan secara aspiratif dan mampu menggali ide/gagasan; strategi menggerakkan untuk membangun kineija guru dengan kompetensi pedagogik melalui tindakan kemampuan menyusun visi, misi dan tujuan sekolah, mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya, melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik; strategi mengembangkan untuk membangun kinerja guru dengan kompetensi sosial melalui tindakan kemampuan menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya, bekerja sama mengikuti lomba guru, workshop, kreasi seni dan pembelajaran berbasis ICT serta kemampuan pengelolaan organisasi secara profesional diantara para guru; strategi memberdayakan untuk membangun kineija guru dengan kompetensi profesional melalui tindakan kemampuan mengelola dan memberdayakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, mengelola keuangan sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas, melibatkan guru secara langsung dalam kegiatan menciptakan kreasi dan inovasi dalam pembelajaran, MGMP dan lokakarya dan mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Sehingga dapat disimpulkan secara nyata bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang relevan untuk membangun kinerja guru dengan efektif di lingkungan SMA Negeri 4 Toraja Utara adalah kepemimpinan kepala sekolah dengan strategi atau keterampilan 4 M (mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan). Kata Kunci: Efektifitas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 14 Feb 2025 13:52
Last Modified: 14 Feb 2025 13:52
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item View Item