Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Kandora

Biringallo, Selfina Sura' (2012) Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
selfina_hd.pdf

Download (450kB)
[img] Text
selfina_kp.pdf

Download (411kB)
[img] Text
selfina_bab_1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
selfina_bab_2.pdf

Download (696kB)
[img] Text
selfina_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
selfina_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
selfina_bab_5.pdf

Download (201kB)
[img] Text
selfina_dp.pdf

Download (379kB)
[img] Text
selfina_lp.pdf

Download (2MB)

Abstract

SELFINA SURA’ BIRINGALLO, tahun 2012. Menyusun skripsi dengan judul “PENGARUH PELATIHAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS KANDORA. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan guru terhadap pestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Gugus Kandora. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, guru dituntut memiliki sejumlah kompetensi dan pengalaman yang memadai untuk menciptakan kinerja guru yang baik. Peningkatan kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui pelatihan-pelatihan dan pengembangan-pengembangan propesi guru seperti (MGMP) dan (KKG). Melalui pelatihan guru diharapkan memperoleh penyegaran-penyegaran, peningkatan efisiensi dan efektifitas kerja. Seorang guru perlu diberikan pendidikan seperti halnya peserta didik. Dalam pembukuan UUD ayat 1 sampai 5 menjelaskan bahwa pendidikan adalah segala hal yang terpenting untuk itu warga wajib menggemgam pendidikan dengan segala kebutuhan yang ada masalah fasilitas, biaya dan segala kebutuhan yang menyangkut pendidikan pemerintah wajib menyelenggarakan dengan perhatian penuh. Masalah pokok dalam penelitian ini, yaitu : Apakah terdapat pengaruh pelatihan guru terhadap pestasi belajar siswa kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Kandora? Varibael bebas (independen) dalam penelitian ini adalah pelatihan guru dan variabel terikat (dependen) adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang ada di Gugus Kandora sekaligus menjadi sampel bagi variabel X dan populasi variabel Y 180 siswa kelas VI. Jumlah sampel adalah 64 siswa, menggunakan teknik simple random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan angket (questioner), yang dibagikan kepada responden untuk diisi. Dari hasil analisis koefisien determinasi antara pelatihan guru terhadap prestasi belajar siswa adalah 0,726. Artinya pelatihan guru berpengaruh 72,6% terhadap prestasi belajar siswa atau faktor penentu lainnya lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan pelatihan guru, yaitu 32,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Kandora.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Feb 2025 13:36
Last Modified: 01 Feb 2025 13:36
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item