Analisis Persepsi Guru bagi Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Pendidikan Dasar Sekecamatan Rantepao

Marendeng, Serli Kanan (2018) Analisis Persepsi Guru bagi Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Pendidikan Dasar Sekecamatan Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
serli_hd.pdf

Download (271kB)
[img] Text
serli_kp.pdf

Download (83kB)
[img] Text
serli_bab_1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
serli_bab_2.pdf

Download (723kB)
[img] Text
serli_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
serli_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
serli_bab_5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
serli_dp.pdf

Download (79kB)
[img] Text
serli_lp.pdf

Download (220kB)
[img] Text
serli_cv.pdf

Download (40kB)

Abstract

Serli Kanan Marendeng (1020143880), 2018 menyusun skripsi dengan judul: ANALISIS PERSEPSI GURU BAGI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI PENDIDIKAN DASAR SEKECAMATAN RANTEPAO. Penulisan skripsi ini, di bawah bimbingan Dr. Setrianto Tarrapa’ sebagai pembimbing I dan Dr. Maidaintius Tanyid, M.Th sebagai pembimbing II. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Persepsi guru Pendidikan Agama Kristen mengenai penilaian autentik dalam kurikulum 2013, dan apa dampak yang teijadi pada peserta didik dengan persepsi guru Pendidikan Agama Kristen yang berbeda dalam menanggapi penilaian kurikulum 2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi guru Pendidikan Agama Kristen mengenai penilaian autentik dalam kurikulum 2013, dan dampak yang terjadi pada peserta didik dengan persepsi guru Pendidikan Agama Kristen yang berbeda dalam menanggapi penilaian kurikulum 2013? Dalam Kurikulum 2013, pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik. Pelaksanaan penilaian autentik merupakan hal yang penting karena dengan penilaian autentik akan membuat siswa untuk mengontruksi, mengorganisasikan, menganalisis, mensistesis, menafsirkan, menjelaskan dan mengevaluasi informasi untuk diharapkan menghasilkan insane Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi guru bagi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Pendidikan Dasar Sekecamatan Rantepao adalah rumit dan tidak rumit. Dampak yang teijadi pada peserta didik dengan persepsi guru yang berbeda dalam menanggapi penilaian autentik adalah positif dan negatif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 23 Jan 2025 20:10
Last Modified: 23 Jan 2025 20:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item