Penggunaan Strategi Pembelajaran K-W-L (Knowlegde-Want-Learned) untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Makale

Andekan, Retyonina (2020) Penggunaan Strategi Pembelajaran K-W-L (Knowlegde-Want-Learned) untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
retyonina_skpp.pdf

Download (113kB)
[img] Text
retyonina_hd.pdf

Download (371kB)
[img] Text
retyonina_kp.pdf

Download (206kB)
[img] Text
retyonina_bab_1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
retyonina_bab_2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
retyonina_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
retyonina_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
retyonina_bab_5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
retyonina_dp.pdf

Download (128kB)
[img] Text
retyonina_lp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
retyonina_cv.pdf

Download (34kB)
[img] Text
retyonina_si.pdf

Download (43kB)

Abstract

RETYONINA ANDEKAN. “Penggunaan Strategi Pembelajaran K-W-L (Knowledge-Want-Learned) untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Makale”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran K-W-L (Knowledge-Want- Learned) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Makale di Kelurahan Lemo, Kecamatan Makale Utara, tahun ajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperimen One-grouppretest-posttest. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian sebanyak 26 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 11 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 nomor. Penelitian dilaksanakan selama 2 hari. Analisis data secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran K-W-L (Knowledge-Want-Learned) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest sebesar 28,7. Rata-rata hasil belajar pretest adalah 53,35 sedangkan rata-rata posttest adalah 82,08. Dari hasil analisis uji Paired Sample T- test dengan membandingkan thitung dengan ttabci pada taraf signifikansi 0,05 diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 14, 997 > ttabei =1,708. Jadi, strategi pembelajaran K-W-L (Knowledge-Want-Learned) memberikan pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas VIII. Kata Kunci : Strategi pembelajaran K-W-L (Knowledge-Want-Learned), hasil belajar, pretest, posttest.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 22 Jan 2025 14:45
Last Modified: 22 Jan 2025 14:45
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item