Sary, Razmin Nelta (2019) Strategi Pembelajaran Kontekstual: Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
razmin_pcc.doc Download (10kB) |
![]() |
Text
razmin_hd.doc Download (183kB) |
![]() |
Text
razmin_kp.doc Download (68kB) |
![]() |
Text
razmin_bab_1.doc Download (40kB) |
![]() |
Text
razmin_bab_2.doc Download (234kB) |
![]() |
Text
razmin_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
![]() |
Text
razmin_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text
razmin_bab_5.doc Download (70kB) |
![]() |
Text
razmin_dp.doc Download (26kB) |
![]() |
Text
razmin_lp.doc Download (73kB) |
![]() |
Text
razmin_cv.doc Download (36kB) |
Abstract
Razmin Nelta Sary, Nirm: 1020154360 menulis skripsi dengan judul : Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Mengkendek. Penelitian ini berangkat dari pengamatan penelitian yang terjadi di SMPN 3 Mengkendek bahwa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas khususnya di kelas VII, guru menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran,termasuk strategi pembelajaran kontekstual, sehingga peneliti tertarik mengkaji bagaimana implementasi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen untuk kelas VII di SMPN 3 Mengkendek ditinjau dari perspektif pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah menelusuri buku-buku sebagai kajian teori dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data-data dengan melakukan wawancara kepada dua orang guru dan 2 orang siswa sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti yaitu implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen sudah terlaksana tetapi belum maksimal karena dalam melaksanakan proses pembelajaran guru hanya memberikan penjelasan kepada siswa dan tidak memberikan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari dan siswa hanya mendengarkan sehingga siswa kurang memahami dan mengerti materi yang disampaikan. Kiranya tulisan ini dapat menjadi bahan masukan bagi guru khususnya guru Pendidikan Agama Kristen di SMPN 3 Mengkendek agar dalam proses pembelajaran, guru dapat melaksanakan strategi pembelajaran dengan maksimal karena strategi ini merupakan cara untuk melibatkan siswa secara penuh dalam kegiatan pembelajaran dan materi yang disampaikan guru disertai dengan contoh-contoh yang nyata agar siswa dapat mengerti materi tersebut dan siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. ABSTRACT Razmin Nelta Sary, Nirm: 1020154360 Write a thesis with the title: Implementation of Contextual Leaming Strategies in Christian Religious Education Subjects for Class VII Students of SMPN 3 Mengkendek. This study departs from observations of research that occurred at SMPN 3 mengkendek that in carrying out leaming in class, especially in class VII, teachers use a variety of leaming strategies, including contextual leaming strategies, so researchers are interested in studying how the implementation of leaming in Christian Religious Education for class VII in SMPN 3 Mengkendek from the perspective of contextual leaming. This study uses qualitative research with the technique of collecting data is to trace books as a theoretical study and field research to obtain data by conducting interviews with two teachers and 2 students as informants. Based on the research results obtained by researchers, namely the implementation of contextual leaming strategies in Christian Religious Education subjects have been implemented but not yet optimal because in carrying out the leaming process the teacher only gives explanations to students and does not provide concrete examples in daily life and students only listen so that students lack of understanding and comprehension of the material presented Hopefully this article can be input for teachers, especially teachers of Christian Religious Education in SMPN 3 mengkendek so that in the leaming process, teachers can implement leaming strategies to the maximum because this strategy is a way to fully involve students in leaming activities and the material delivered by the teacher is accompanied by concrete examples so students can understand the material and students can apply it in everyday life.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 18:45 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 18:45 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |