Dasa', Matelda (2017) Analisis Psikologis Teologis Mengenai Proses Belajar Anak Sekolah Usia Dini Umur 4-5 Tahun di SDN 5 Awan Rantekarua. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
matelda_hd.doc Download (263kB) |
![]() |
Text
matelda_kp.doc Download (75kB) |
![]() |
Text
matelda_bab_1.doc Download (67kB) |
![]() |
Text
matelda_bab_2.doc Download (161kB) |
![]() |
Text
matelda_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
![]() |
Text
matelda_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
![]() |
Text
matelda_bab_5.doc Download (60kB) |
![]() |
Text
matelda_dp.doc Download (18kB) |
![]() |
Text
matelda_lp.doc Download (69kB) |
![]() |
Text
matelda_lp2.doc Download (821kB) |
![]() |
Text
matelda_cv.doc Download (42kB) |
Abstract
Matelda Dasa’, N1RM :20133669, Jurusan Pendidikan Agama Kristen. Menulis skripsi dengan judul: Analisis Psikologis Teologis Mengenai Proses Belajar Anak Sekolah Usia Dini Umur 4-5 Tahun di SDN 5 Awan Rantekarua. Di bawah bimbingan Algu S. Pabangke, M. Pd sebagai pembimbing pertama dan Syani B. Rante Salu, M. Pd.K sebagai pembimbing kedua. Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Anak usia dini memiliki rentang usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya karena perkembangan kecerdasannya luar biasa. Usia tersebut merupakan fase kehidupan yang unik, dan berada pada masa proses perubahan berupa pertumbuhan, perkembangan, pematangan dan penyempurnaan, baik pada aspek jasmani maupun rohaninya yang berlangsung seumur hidup, bertahap dan berkesinambungan. Namun akan menjadi hal yang meresahkan apabila anak usia dini tidak diperhatikan umur mereka masuk sekolah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan demikian ini merupakan masalah yang hendak diketahui dampak pada anak sekolah usia dini umur 4-5 tahun. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melalui studi kepustakaan, dan studi lapangan yaitu observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa dampak anak yang sekolah usia dini umur 4-5 tahun di SDN 5 Awan Rantekarua adalah anak hanya datang untuk bermain bukan untuk belajar, anak kesulitan dalam bergaul, pendiam, tidak percaya diri, pada usia tersebut tidak cocok untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung formal dalam kelas, dan juga kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Karena itu penulis sangat mengharapkan tidak lagi menerapkan penerimaan murid umur 4-5 tahun di SDN 5 Awan Rantekarua, atau menerima dengan mencarikan solusi cara menanggulangi agar dampak yang terjadi tidak teijadi lagi di SDN 5 Awan Rantekarua.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 18:22 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 18:22 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |