Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Bonggakaradeng

Tangnga, Diana (2016) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Bonggakaradeng. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
diana_hd.doc

Download (231kB)
[img] Text
diana_kp.doc

Download (54kB)
[img] Text
diana_bab_1.doc

Download (77kB)
[img] Text
diana_bab_2.doc

Download (268kB)
[img] Text
diana_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
diana_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
diana_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
diana_dp.doc

Download (38kB)
[img] Text
diana_lp.doc

Download (1MB)

Abstract

Diana Tangnga, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vll SNTP Negeri 2 Bonggakaradeng,'' di bawah bimbingan DR. I. Made Suardana, M. Th. Dan Pdt. DR. Maidiantius Tanyid, M.Th Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Kompetensi ini tidak diperoleh secara tiba-tiba tetapi melalui upaya belajar secara terus menerus dan sistematis, baik pada masa prajabatan (pendidikan calon guru) maupun selama dalam jabatan, yang didukung oleh bakat, minat dan potensi keguruan lainnya dari masing-masing individu yang bersangkutan. Dalam karya ilmiah dibahas 3 indikator dari kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Kristen yaitu merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pemilihan jumlah sampel yakni dengan sampel jenuh dengan jumlah sampel 50 orang siswa. Dari hasil pengelolaan data sampel maka ditemukan bahwa pengaruh Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bonggakaradeng sangat tinggi yakni 0,9962. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh penulis yaitu ada pengaruh Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bonggakaradeng terbukti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Jan 2025 13:48
Last Modified: 13 Jan 2025 13:48
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item