Orfa, Katrina (2018) Analisis Tanggung Jawab Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kedisiplinan di SD Kristen Sarangdena Kecamatan Simbuang, Lembang Pongbembe. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
katrina_hd.doc Download (111kB) |
![]() |
Text
katrina_kp.doc Download (103kB) |
![]() |
Text
katrina_bab_1.doc Download (57kB) |
![]() |
Text
katrina_bab_2.doc Download (279kB) |
![]() |
Text
katrina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
![]() |
Text
katrina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text
katrina_bab_5.doc Download (19kB) |
![]() |
Text
katrina_dp.doc Download (30kB) |
![]() |
Text
katrina_lp.doc Download (42kB) |
![]() |
Text
katrina_cv.doc Download (28kB) |
Abstract
Katrina Orfa, 1020143774, Analisis Tanggung Jawab Guru dalam Menerapkan Nilai-nilai Kedisiplinan di SD Kristen Sarangdena Kecamatan Simbuang, Lembang Pongbembe. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja, di bawah bimbingan Isobeliana Musrini, M.Pd.K dan Djidon kamba’, S.Th, M.Pd.K. Guru adalah pekerjaan yang paling mulai ketika menyadari panggilannya sebagai guru. Sebab seorang guru selalu di pandang oleh banyak orang sebagai pekeijaan yang mulia sehingga dikata pahlawan tanpa tanda jasa. Tugas seorang guru bukan hanya sekedar mentranfer ilmu tetapi juga sebagai pendidik. Untuk itu seorang guru yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan perannya di sekolah, tidak hanya mentransfer ilmu tetapi mampu mendidik, melatih, mengarahkan, menasehati, membimbing dan membina peserta didiknya dengan baik termasuk dalam hal nilai-nilai kedisiplinan. Oleh karena itu seorang guru di manapun berada perlu memiliki nilai-nilai kedisiplinan sehingga bisa menjadi teladan bagi orang lain yang ada di sekitanya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab guru di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas dalam hal menerapkan nilai-nilai kedisiplinan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan peneliti mengetahui faktor penyebab kurangnya kedisiplinan guru dan hal-hal termasuk dalam disiplin guru. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penyebab ketidakdisiplinan guru karena kurangnya kedisiplinan kepala sekolah dan juga kurangnya perhatian khusus dari pemeritah setempat. Hal disiplin guru yaitu tepat waktu, tidak menunda tugas dan tanggung jawab, mempersiapkan materi dengan baik, mampu mengelolah kelas, tidak suka menunda-nunda dan mengelolah program pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 13:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 13:40 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |