Pairi', Marcelina (2019) Efektivitas Kegiatan Kerohanian Ekstrakurikuler dalam Menanamkan Nilai-nilai Kristiani Siswa di SMPN SATAP 5 Saluputti. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
marcelina_skpp.doc Download (56kB) |
|
Text
marcelina_hd.doc Download (177kB) |
|
Text
marcelina_kp.doc Download (54kB) |
|
Text
marcelina_bab_1.doc Download (38kB) |
|
Text
marcelina_bab_2.doc Download (285kB) |
|
Text
marcelina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text
marcelina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
marcelina_bab_5.doc Download (24kB) |
|
Text
marcelina_dp.doc Download (46kB) |
|
Text
marcelina_lp.doc Download (128kB) |
|
Text
marcelina_cv.doc Download (49kB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian masih kurang maksimal dan efesien dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani siswa. Masih banyak anak yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Penerapannya masih banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dipusatkan di dalam kelas, sama halnya dengan pembelajaran formal setiap hari sehingga hasilnya kurang optimal dalam menerapkan nilai-nilai Kristiani yang terkandung dalam kegiatan ektrakurikuler kerohanian. Tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan kerohanian ekstrakurikuler kerohanian dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani di SMPN Satap 5 Saluputti. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara pengumpulan data yaitu: studi pustaka, observasi, wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu: reduksi, penyajian data dan interpretasi. Instrumen penelitian yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Namun hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler kerohanian dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani siswa di SMPN SATAP 5 Saluputti efektivitas masih kurang. Dilihat dari pencapaian tujuan dan hambatan-hambatan yang dialami pada saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung. Masih ada sebagian dari siswa-siswi yang belum memaknai atau belum bisa memetik nilai-nilai Kristiani yang terkandung dalam kegiatan kerohanian ekstrakurikuler tersebut. Ada sebagian dari siswa-siswa yang hanya ikut-ikutan dalam kegiatan itu bahkan ada yang sudah mengetahui nilai-nilai Kristiani akan tetapi belum diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan kerohanian ekstrakurikuler masih ada hal-hal yang perlu perhatikan sehingga pelaksanaan kegiatan itu dapat mencapai tujuan yang memuaskan yang telah ditentukan seperti hambatan-hambatan yang terjadi pada saat kegiatan kerohanian ekstrakurikuler dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani. Hambatan-hambatan itu baik yang timbul dari dalam diri siswa sendiri, lingkungan sekitar, metode dan strategi, bahkan sarana-prasarana. Kata Kunci: efektivitas, ekstrakurikuler kerohanian. Spiritual extracurricular activities are still less than optimal and efficient in instilling students’ Christian values. There are still many children who are less enthusiastic about participating in these activities. The application is still a lot of extracurricular activities that are centered in the classroom, as well as formal learning every day so that the results are less than optimal in applying Christian values contained in spiritual extracurricular activities. The purpose of writing is to describe the effectiveness of spiritual extracurricular spiritual activities in instilling Christian values in the Salaputti Satap 5 Public Middle School. The method used by the authors in this study is a qualitative method by collecting data, namely: literature study, observation, interviews. Data collection techniques namely: reduction, data presentation and interpretation. Research instrument that contains questions. However, the results show that the spiritual extracurricular activities in instilling the Christian values of students at SMPN SATAP 5 Saluputti are still lacking effectiveness. Seen from the achievement of objectives and constraints experienced when extracurricular activities take place. There are still some of the students who have not interpreted or been able to reap the Christian values contained in these extracurricular spiritual activities. There are some of the students who only participate in the activity and some even know Christian values but have not yet manifested them in their daily lives. The implementation of extracurricular spiritual activities still needs to be considered so that the implementation of these activities can achieve satisfactory goals that have been determined such as the obstacles that occur when extracurricular spiritual activities in instilling Christian values. The obstacles are both arising from within students themselves, the surrounding environment, methods and strategies, even infrastructure. Keywords: effectiveness, spiritual estracurricular.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 17:21 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 17:21 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3707 |
Actions (login required)
View Item |