Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Ceramah dan Pemberian Tugas oleh Guru PAK Kelas IX di SMP Kristen Kandora

Nanna, Ria Yunita (2017) Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Ceramah dan Pemberian Tugas oleh Guru PAK Kelas IX di SMP Kristen Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ria_hd.doc

Download (136kB)
[img] Text
ria_kp.doc

Download (60kB)
[img] Text
ria_bab_1.doc

Download (50kB)
[img] Text
ria_bab_2.doc

Download (249kB)
[img] Text
ria_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
ria_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
ria_bab_5.doc

Download (8kB)
[img] Text
ria_dp.doc

Download (21kB)
[img] Text
ria_lp.doc

Download (230kB)
[img] Text
ria_cv.doc

Download (45kB)

Abstract

RIA YUNITA NANNA, 20133686, Menyusun skripsi dengan judul “Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Ceramah dan Pemberian Tugas oleh Guru PAK Kelas VIII di SMP Kristen Kandora”. Dalam meningkatkan mutu dan kualitas sebuah pendidikan diperlukan metode pembelajaran yang efektif. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran guru harus kreatif dalam memilih metode yang digunakan untuk melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Pembelajaran dapat dikatakan efektif jika mampu memberikan pengalaman baru, dan membentuk kompetensi siswa. Pembelajaran efektif menuntut keterlibatan siswa secara aktif, karena mereka merupakan pusat kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dan studi kepustakaan. Adapun tujuan penelitian kulitatif adalah mendeskrisipkan suatu proses kegiatan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan kajian lebih lanjut untuk menemukan kekurangan atau kelemahan kajian sehingga dapat ditentukan upaya penyempurnaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode ceramah kurang efektif dalam pembelajaran PAK karena hanya guru yang berperan sementara siswa pasif sehingga materi pembelajaran tidak di mengerti oleh siswa sedangkan efektivitas pemberian tugas kepada siswa akan tercapai jika tugas yang diberikan mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa serta dapat dikerjakan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 09 Dec 2024 19:35
Last Modified: 09 Dec 2024 19:37
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item