Koro', Matius (2013) Efektivitas Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Ketuntasan Pembelajaran PAK di SMK Pembangunan Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
matius_hd.doc Download (154kB) |
|
Text
matius_kp.doc Download (55kB) |
|
Text
matius_bab_1.doc Download (128kB) |
|
Text
matius_bab_2.doc Download (309kB) |
|
Text
matius_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
matius_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text
matius_bab_5.doc Download (21kB) |
|
Text
matius_dp.doc Download (26kB) |
|
Text
matius_cv.doc Download (19kB) |
Abstract
Matius Koro’; (20082761) Tahun 2013 : Efektivitas Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Ketuntasan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Pembangunan Makale Guru adalah orang yang dapat mengajar atau memberi pengetahuan dan mendidik orang lain melalui bimbingan dan pendampingan menuju kedewasaan Peranan guru tidak hanya untuk mengajar tetapi ada sejumlah peranan seorang guru yang salah satunya adalah diantaranya yaitu mendidik. Tugas guru tidak semata-mata memindahkan pengetahuan yang ia miliki tetapi juga berkewajiban untuk membimbing dan mengarahkan anak didik menuju pertumbuhan dan perkembangan mental Rohani anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan Agama Kristen. Keberhasilan pendidikan dalam proses pembelajaran itu banyak ditentukan pada kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran di sekolah dengan memiliki kesiapan, perangkat pembelajaran yang utuh dan kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah. Beranjak dari hal itulah, maka penulis melakukan penelitian dengan mengangkat judul Efektivitas Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Ketuntasan PAK di SMK Pembangunan Makale. Demi mencapai tujuan dari penelitian ini, maka digunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Dari hasil penelitian lapangan (observasi dan wawancara) di SMK Pembangunan Makale menunjukkan bahwa peranan gurulah yang menentukan ketercapaian pembelajaran di sekolah dan peranan guru Pendidikan Agama Kristenlah yang menentukan mental Rohani anak menuju kedewasaan Iman dan kemampuan gurulah yang dapat mengubah perilaku anak didik yang lebih baik. Dari hasil penelitian bahwa guru Pendidikan Agama Kristen di SMK Pembangunan Makale sudah memainkan perannya tapi belum maksimal untuk itu perluh ditingkatkan dalam mencapai tujuan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 17:35 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 17:35 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3480 |
Actions (login required)
View Item |