Implementasi Metode Brainwriting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMPN 1 Mengkendek.

Manik, Artati Datu (2021) Implementasi Metode Brainwriting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMPN 1 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
artati_hd.docx

Download (80kB)
[img] Text
artati_bab_1.docx

Download (15kB)
[img] Text
artati_bab_2.docx

Download (25kB)
[img] Text
artati_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
artati_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
artati_bab_5.docx

Download (7kB)
[img] Text
artati_dp.docx

Download (9kB)
[img] Text
artati_lp.docx

Download (439kB)
[img] Text
artati_cv.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis karena penulis melihat di lapangan mengenai menurunnya hasil belajar kognitif siswa karena guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Hal itu membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar kognitifnya menurun. Dengan melihat permasalahan ini penulis ingin meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas Vll dengan menggunakan metode brainwriting. Tujuan penelitian adalah untuk menguraikan implementasi metode brainwriting untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen kelas VII di SMPN 1 Mengkendek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Mengkendek, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Subjek dalam penelitian yaitu siswa pendidikan agama Kristen kelas VII di SMPN 1 Mengkendek. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dan juga kemampuannya dalam memberikan ide-idenya. Hasil belajar siswa berdasarkan pre tes sebelum menggunakan metode brainwriting belum mencapai nilai KKM, yaitu rata-rata 54,75 , dan setelah menggunakan metode brainwriting hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil evaluasi nilai rata-rata siswa mencapai 88,5, hasil observasi, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 55,6, siklus II mencapai nilai rata-rata 69,1 dan siklus III mencapai nilai rataa-rata 86,6 dan hasil refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode brainwriting dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VII di SMPN 1 Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: m3 yulius p.
Date Deposited: 22 Feb 2024 11:33
Last Modified: 30 Jul 2024 08:36
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item