Pengaruh Pendidikan Iman dalam Keluarga terhadap Prestasi Belajar PAK Siswa di SMPN 4 Bittuang

Ruayanna, Merlina (2021) Pengaruh Pendidikan Iman dalam Keluarga terhadap Prestasi Belajar PAK Siswa di SMPN 4 Bittuang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
merlina_skpp.doc

Download (24kB)
[img] Text
merlina_hd.doc

Download (163kB)
[img] Text
merlina_kp.doc

Download (75kB)
[img] Text
merlina_bab_1.doc

Download (45kB)
[img] Text
merlina_bab_2.doc

Download (344kB)
[img] Text
merlina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
merlina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
merlina_bab_5.doc

Download (18kB)
[img] Text
merlina_dp.doc

Download (24kB)
[img] Text
merlina_lp.doc

Download (220kB)
[img] Text
merlina_cv.doc

Download (25kB)

Abstract

Merlina Ruayanna (1020175288). Pengaruh Pendidikan Iman dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar PAK Siswa di SMPN 4 Bittuang. Pendidikan iman dalam keluarga adalah suatu proses mendidik, bertindak bersama, mengajarkan tentang Alkitab, berdoa dan beribadah dan keteladanan orang tua yang baik dalam usaha untuk mendewasakan iman anak dalam keluarga. pendidikan iman dalam keluarga mempuyai dampak terhadap baik buruknya prestasi PAK di sekolah. Prestasi belajar PAK berarti hasil yang di capai siswa dalam mata pelajaran PAK di sekolah yang pada umunya di nyatakan dalam bentukv huruf atau angka. Prestasi belajar PAK di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal . oleh karena itu penulis memilih suatu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan PAK yakni pendidikan iman dalam keluarg, untuk dapat di kaji pengaruhnya. Adapun hipotesis penelitian ini adalah Ho: tidak ada pengaruh pendidikan iman dalam keluarga terhadap prestasi belajar PAK siswa, H1 : ada pengaruh pendidikan iman dalam keluarga terhadap prestasi belajar PAK Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling pengembangan instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji coba terpakai. Instrumen yang minimal nilai validitasnya adalah 0,308 dan nilai reliabilitasnya 0,509. Dari hasil penelitian didapatkan p- value sebesar 0,01 yang lebih kecil dari a = 0,05. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa pendidikan iman dalam keluarga secara singnifikansi mempengaruhi prestasi belajar PAK siswa atau dengan kata lain Ho : di tolak dan H1 : di terima adapun pada tabel coeffcient menunjukkan nilai konstant = 2,52 dan nilai pendidikan iman dalam keluarga = 0,16. Pendidikan, iman dalam keluarga di kategorikan cukup dengan nilai mean 4,04 dan prestasi belajar juga di kategorikan cukup dengan mean 2,97, oleh karena itu supaya prestasi belajar siswa semakin baik penulis menyarankan agar orang tua mengingkatkan pendidikan iman dalam keluarga sehingga prestasi belajar PAK semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:49
Last Modified: 27 Sep 2024 09:49
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item