Penerapan Strategi inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa VIII A SMP Kristen Kandora

Masode, Arni (2022) Penerapan Strategi inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa VIII A SMP Kristen Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
arni_skpp.pdf

Download (60kB)
[img] Text
arni_hd.doc

Download (300kB)
[img] Text
arni_kp.doc

Download (69kB)
[img] Text
arni_bab_1.doc

Download (129kB)
[img] Text
arni_bab_2.doc

Download (281kB)
[img] Text
arni_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
arni_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
arni_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
arni_dp.doc

Download (32kB)
[img] Text
arni_lp.doc

Download (650kB)
[img] Text
arni_cv.doc

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan belajar mengajar di SMP Kristen Kandora, secara khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen masih menggunakan metode ceramah yang membuat motivasi belajar siswa menjadi berkurang yakni mengantuk, bermain dan bercerita karena tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi inkuiri untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIIIA SMP Kristen Kandora. Menurut Wina Sanjaya, strategi inkuiri merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Menurut Hamza B. Uno, motivasi belajar ialah suatu dorongan internal dan esktemal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku untuk mencapai tujuan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yakni observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VLHA SMP Kristen Kandora dapat meningkat motivasi belajar siswa yakni siswa memiliki ketekunan dalam belajar, memiliki dorongan dan kebutuhan belajar, memiliki keinginan untuk berhasil, konsentrasi dan adanya penghargaan dalam belajar. Hasil observasi pada siklus satu menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 57,69%, hal ini menunjukkan motivasi siswa masih rendah dan pada pertemuan kedua sebanyak 73,07% hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pertemuan kedua mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga masih perlu perbaikan. Sedangkan hasil observasi pada siklus dua menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 82,69% dan pada pertemuan kedua sebanyak 94,23%, hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sudah sangat baik sehingga tidak perlu lagi diadakan perbaikan. Kata Kunci: Strategi Inkuiri, Pendidikan Agama Kristen, Motivasi Belajar ABSTRACT Teaching and leaming activities at Kandora Christian Middle School, specifically in Christian Religious Education subjects still use the lecture method which makes students' niotivation to learn less, namely sleepy, playing and telling stories because they do not involve students actively in the learning process. This study airns to describe the application ofinquiry strategies to increase student motivation in Christian Religious Education for grade VIIIA students of Kandora Christian Middle School. According to Wina Sanjaya, an inquisitive strategy is an approach that emphasisez the process ofcritical thinking and analysis to seek and find the answer to a problem in question. According to Hamza B. Uno, learning motivation is an internal dan external encouragement to students who are learning to make changes in behavior to achieve learning goals. The research method used is literature study and field study, namely observation and documentation. The results showed that the use ofan inquiry strategy in the subjects of Christian Religious Education for class VIIIA of Kandora Middle School can increase student's learning motivation, namely students have perseverance in learning, have concentration and have appreciation in learning. The results of observations in cycle one showed that at the first meeting as much 57.69%, this shows that student motivation is still low and at the second meeting as much 73.07% this shows that student motivation at the second meeting has increased but has not reached the success criteria so that still need improvement.While the results of observations in the second cycle showed that at the first meeting as many as 82.69% and at the second meeting as much 94.23%, theses results indicate motivation is very good so there is no need for improvement. Keywords: Inquiry Strategy, Christian Religious Education, Leaming Motivation.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:13
Last Modified: 31 Jul 2024 06:22
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item