Kuni, Yalni (2022) Implementasi Pembelajaran PAK Berdasarkan Standar Proses terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era Milenial Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Makale. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yalni_similarity_index.pdf Download (516kB) |
|
Text
yalni_hd.pdf Download (957kB) |
|
Text
yalni_kp.pdf Download (428kB) |
|
Text
yalni_bab_1.pdf Download (480kB) |
|
Text
yalni_bab_2.pdf Download (702kB) |
|
Text
yalni_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text
yalni_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text
yalni_bab_5.pdf Download (452kB) |
|
Text
yalni_dp.pdf Download (444kB) |
|
Text
yalni_lp.pdf Download (491kB) |
|
Text
yalni_cv.pdf Download (382kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang implementasi standar proses dalam pembelajaran PAK yang meliputi aspek perencanaan pembelaja ran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Karena dengan menerapkan atau mengimplementasikan standar proses dengan baik maka sangat menunjang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di era milenial sekarang ini. Adapun teori yang dijabarkan dalam sebagai jawaban sementara yakni hakikat implementasi, hakikat pembelajaran PAK, hakikat standar nasional sebagai bagian integral dari standar nasioanal pendidikan, pendidikan era milenial serta mutu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Makale dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan dan analisis hasil penelitian, menunjukkan bahwa dalam aspek persiapan atau perencanaan perangkat pembelajaran menunjukkan data bahwa dinyatakan lengkap sehingga hal ini mengindikasikan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran, namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru PAK melakukan proses pembelajaran berbeda dengan yang terdokumen untuk menunjukkan bahwa guru tidak memiliki kekonsistenan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Yang kemudian, implementasi standar proses pada aspek penilaian di SMP Negeri 2 Makale masih berada pada taraf penilaian hasil belajar, hal ini berarti bahwa masih berada pada konsep lama bukan lagi pada konsep era milenial. Kata Kunci: Standar Proses, Mutu Pembelajaran, PAK ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the implementation of process standards in PAK learning which includes aspects of lesson planning, the process of implementing learning, and learning assessment. Because by implementing or implementing process standards properly, it is very supportive in improving the quality of learning, especially in the current millennial era. The theory described in the provisional answer is the nature of implementation, the nature of PAK learning, the nature of national standards as an integral part of national education standards, era education millennials and the quality of learning. The type of research used in this research is descriptive with a qualitative approach. This research was conducted at Makale 2 Public Middle School, with data collection techniques using library research, interviews, observation, and documentation studies. Based on the findings and analysis of the results of the research, it shows that in the aspect of preparation or planning of learning devices it shows that the data is declared complete so this indicates an increase in the quality of learning, but in the implementation of learning PAK teachers carry out a different learning process from what is documented to show that teachers do not have consistency in planning and implementing learning. Then, the implementation of process standards in the assessment aspect at Makale 2 Public Middle School is still at the level of learning outcomes assessment, this means that it is still in the old concept and no longer in the millennial era concept. Key Word: Process standart, learning quality, Christian religious education
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 14:05 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 14:05 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |