School of Infancy Analisis Pendidikan yang Menghadirkan Shalom Berdasarkan Kurikulum John Amos Comenius dan Relevansinya bagi Generasi Alpha

Rumono, Bertrand Gerardo (2023) School of Infancy Analisis Pendidikan yang Menghadirkan Shalom Berdasarkan Kurikulum John Amos Comenius dan Relevansinya bagi Generasi Alpha. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
bertrand_hd.docx

Download (181kB)
[img] Text
bertrand_bab_1.docx

Download (61kB)
[img] Text
bertrand_bab_2.docx

Download (105kB)
[img] Text
bertrand_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
bertrand_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
bertrand_bab_5.docx

Download (9kB)
[img] Text
bertrand_dp.docx

Download (90kB)
[img] Text
bertrand_similarity.docx

Download (143kB)
[img] Text
bertrand_lp.docx

Download (212kB)
[img] Text
bertrand_cv.docx

Download (13kB)

Abstract

Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi maka generasi alpha memiliki kompleksitas persoalan yang dapat ditrnjau dari segi moral, intelektual hingga spiritual karena pada hakikatnya teknologi tidak hanya berdampak positif tetapi juga negatif yang dapat merusak kehidupan mereka. Pendidikan berupaya mengatasi persoalan tersebut melalui berbagai teori dan strategi, salah satunya adalah school of infancy yang merupakan konsep kurikulum bagi anak usia dini menurut John Amos Comenius. Melalui penelitian ini, hal yang ingin digali adalah bagaimana relevansi kurikulum school of infancy menurut Comenius bagi generasi alpha dengan segala kompleksitas persoalan yang dialaminya sehingga generasi ini khususnya yang masih berusia dini dapat merasakan suasana shalom dalam dirinya. Penelitian terhadap konsep kurikulum school of infancy dari Comenius yang direlevansikan dalam kehidupan generasi alpha dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif berbentuk studi literatur. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum school of infancy terdiri dari tiga konsep utama yaitu kebajikan, pengetahuan dan kesalehan. Ketiga poin ini nipriinaian knhuhihan ffpnprasi alpha vanir hanic; dibiarkan rnplahn pendidikan khususnya pendidikan informal sehingga mereka dapat merasakan shalom.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: m3 yulius p.
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:05
Last Modified: 29 Jul 2024 14:47
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item