Efektivitas Hand Signal terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas VIII di Sekolah Lentera Harapan Toraja

Mangalik, Pither (2015) Efektivitas Hand Signal terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas VIII di Sekolah Lentera Harapan Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
piter_hd.docx

Download (26kB)
[img] Text
piter_kp.docx

Download (22kB)
[img] Text
piter_bab_1.docx

Download (11kB)
[img] Text
piter_bab_2.docx

Download (26kB)
[img] Text
piter_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
piter_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
piter_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
piter_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
piter_cv.docx

Download (16kB)

Abstract

Pither Mangalik (200113241), menyusun skripsi dengan judul “Efektivitas Hand Signal Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah Lentera Harapan Toraja”, dengan Pembimbing I Pdt. Dr. Abraham Sere Tanggulungan, M.Si. dan Pembimbing II Pdt. Andarias Kabanga’, M.Th. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendisiplinkan siswa dalam mengikuti pelaksaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dengan harapan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat dicapai dengan optimal. Untuk dapat mencapai tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan penerapan penggunaan Hand Signal dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 32 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan chek list dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal- hal sebagai berikut: Dari hasil pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II, bahwa penggunaan hand signal sangat membantu siswa dan guru, dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat terkontrol dengan baik yakni interaksi siswa dan guru dapat berlangsung baik dengan memperhatikan penggunaan hand signal. Hal tersebut diperkuat dari hasil wawancara yang dapat disimpulkan bahwa penggunaan hand signal sangat efektif dalam mendisiplinkan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada kelas VIII di Sekolah Lentera Harapan Toraja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 27 Mar 2024 08:15
Last Modified: 30 Jul 2024 11:03
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item