Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAK Melalui penerapan metode Fish Bowl kelas XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja

Palangi’, Mispayati (2025) Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAK Melalui penerapan metode Fish Bowl kelas XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
mispayati_skpp.pdf

Download (58kB)
[img] Text
mispayati_hd.pdf

Download (304kB)
[img] Text
mispayati_kp.pdf

Download (548kB)
[img] Text
mispayati_bab_1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
mispayati_bab_2.pdf

Download (435kB)
[img] Text
mispayati_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
mispayati_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
mispayati_bab_5.pdf

Download (217kB)
[img] Text
mispayati_dp.pdf

Download (236kB)
[img] Text
mispayati_lp.pdf

Download (754kB)
[img] Text
mispayati_lp2.pdf

Download (449kB)
[img] Text
mispayati_cv.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAK yang terlihat dari siswa yang bermain hp, bercerita bersama teman saat pembelajaran,tidak menjawab pertanyaan yang diberikan guru, siswa tidak terlibat dalam melaksanakan diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAK melalui penerapan metode Fish Bowl dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode Fish Bowl adalah metode diskusi yang hanya menggunakan dua lingkaran dalam diskusi yaitu lingkaran besar dan lingkaran kecil. Peneliti menggunakan model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan yang digunakan disebut sebagai skilus. Sehubungan dengan metode Fish Bowl yang digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAK kelas XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja yang merupakan subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 2 siklus, persentase keberhasilan siswa pada siklus 1 siswa yang mencapai kategori baik 14,28% dan belum memenuhi indikator capaian yang telah ditentukan, oleh karena itu dilanjutkan siklus 2 dengan hasil capaian siswa memenuhi kategori baik 54,54%. Dari kedua siklus ini siswa yang mencapai kategori baik sebanyak 68,82% dimana telah memenuhi indikator capaian yang telah ditentukan yaitu 60%. Oleh karena itu, kesimpulan penelitian ini yaitu metode Fish Bowl efektif dalam meningkatkan ekatifan belaajr siswa kelas XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja. Kata Kunci : Keaktifan, belajar, siswa, Fish Bowl, Pendidikan Agama Kristen ABSTRACT This research is based on the lack of student learning activeness in PAK learning which can be seen from students playing cellphones, talking with friends during learning, not answering questions given by the teacher, students are not involved in carrying out discussions. The purpose of this study was to determine the increase in student learning activeness in PAK learning through the application of the Fish Bowl method with the Classroom Action Research method. The Fish Bowl method is a discussion method that only uses two circles in the discussion, namely the big circle and the small circle. Researchers use the PTK model used is the Kemmis and Mc Taggart model which includes 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The four stages used are referred to as skilus. In connection with the Fish Bowl method used in increasing student learning activeness in PAK learning class XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja which is the research subject. Based on the results of research conducted with 2 cycles, the percentage of student success in cycle 1 students who reached the good category was 14.28% and did not meet the predetermined achievement indicators, therefore cycle 2 was continued with the results of student achievement in the good category 54.54%. From these two cycles, students who reached the good category were 68.82% which had met the predetermined achievement indicator of 60%. Therefore, the conclusion of this research is that the Fish Bowl method is effective in increasing the learning effectiveness of students in class XI TKR B SMKN 1 Tana Toraja. Keywords: Activeness, learning, students, Fish Bowl, Christian Religious Education

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 30 Jul 2025 13:45
Last Modified: 30 Jul 2025 13:45
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item