Studi Evaluatif Peningkatan Kreativitas Analisis Proses Pembelajaran Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 1 Makale Selatan

Borotoding, Suleman (2025) Studi Evaluatif Peningkatan Kreativitas Analisis Proses Pembelajaran Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 1 Makale Selatan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
suleman_skpp.pdf

Download (93kB)
[img] Text
suleman_hd.pdf

Download (285kB)
[img] Text
suleman_kp.pdf

Download (226kB)
[img] Text
suleman_bab_1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
suleman_bab_2.pdf

Download (463kB)
[img] Text
suleman_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
suleman_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
suleman_bab_5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
suleman_dp.pdf

Download (278kB)
[img] Text
suleman_lp.pdf

Download (288kB)
[img] Text
suleman_lp2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Profil pelajar pancasila bertujuan untuk menjadikan pelajar sepanjang hayat yang berkarakter, memiliki kompetensi, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Kreatif dalam profil pelajar pancasila dipahami sebagai kemampuan dalam mengolah ide serta gagasan juga menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik. Hadirnya dimensi kreatif perlu diterapkan dalam semua mata pelajaran salah satunya mata pelajaran pendidikan agama kristen. Harapannya bahwa dengan penerapan dalam pendidikan agama kristen membuat peserta didik kreatif dalam mengekspresikan iman serta membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi sesuai dengan iman kristen. Penerapan profil pelajar pancasila di UPT SMPN 1 Makale Selatan menjadi kesempatan besar untuk memanfaatkan setiap dimensi kreatif yang ada. Melihat situasi dan kondisi di sekolah tersebut sangat perlu untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Untuk menolong penelitian ini, penggunaan metode kualitatif deskriptif menjadi pilihan dalam menganalisis data dari hasil wawancara, dan juga data dari hasil observasi maupun dokumen yang ada di lapangan. Hasil evaluasi penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan dimensi kreatif profil pelajar pancasila dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Kata Kunci: Profil pelajar pancasila, dimensi kreatif, evaluasi, Pendidikan Agama Kristen. ABSTRACT The Pancasila student profile aims to develop lifelong learners with character, competence, and behavior consistent with Pancasila values. Creativity in the Pancasila student profile is understood as the ability to process ideas and concepts and solve problems faced in students' lives. The creative dimension needs to be implemented in all subjects, including Christian religious education. It is hoped that its application in Christian religious education will foster students' creativity in expressing their faith and assist them in solving problems in accordance with Christian beliefs. The implementation of the Pancasila student profile at the UPT SMPN 1 Makale Selatan presents a significant opportunity to utilize each existing creative dimension. Given the situation and conditions at the school, enhancing student creativity is crucial. To assist this research, the use of descriptive qualitative methods was chosen to analyze data from interviews, observations, and documents collected in the field. The evaluation results indicate that implementing the creative dimension of the Pancasila student profile can enhance student creativity. Keywords: Pancasila student profile, creative dimension, evaluation, Christian Religious Education.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 29 Jul 2025 10:59
Last Modified: 29 Jul 2025 10:59
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item