Analisis Pedagogis Tindakan Kekerasan Fisik dari Orangtua bagi Perilaku Sosial Anak Usia 9-12 Tahun di GPIL Jemaat Langkea Raya

Minanga, Natalia Santa (2019) Analisis Pedagogis Tindakan Kekerasan Fisik dari Orangtua bagi Perilaku Sosial Anak Usia 9-12 Tahun di GPIL Jemaat Langkea Raya. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
natalia_similarity.docx

Download (26kB)
[img] Text
natalia_hd.docx

Download (134kB)
[img] Text
natalia_bab_1.docx

Download (14kB)
[img] Text
natalia_bab_2.docx

Download (53kB)
[img] Text
natalia_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
natalia_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
natalia_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
natalia_dp.docx

Download (7kB)
[img] Text
natalia_lp.docx

Download (6kB)
[img] Text
natalia_cv.docx

Download (34kB)

Abstract

Natalia Santa Minanga, Kekerasan Fisik terhadap Anak” Analisis Pedagogis Tindakan Kekerasan Fisik dari Orangtua bagi Perilaku Sosial Anak Usia 9-12 Tahun di GPIL Jemaat Langkea Raya. Judul ini membahas tentang kekerasan yang dilakukan orangtua kepada anak usia 9-12 tahun di salah satu jemaat. Penulis merasa bahwa seorang anak yang berusia 9-12 tahun tidak sewajarnya mendapatkan kekerasan fisik dari orangtuanya. Kekerasan yang dilakukan orangtua terhadap anak memiliki dampak tersendiri bagi perkembangan kehidupan anak selanjudnya secara khusus dalam menampakkan perilaku sosialnya kepada orang-orang yang ada disekitarnya atau di lingkungan tempat tinggal si anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Peneliti mendapatkan hasil berdasarkan hasil analisis data yang membenarkan bahwa masih ada orangtua yang melakukan kekerasan terhadap anaknya. Perilaku kekerasan tersebut dalam bentuk verbal maupun non verbal yang berdampak pada perilaku sosial anak, yakni anak yang menjadi korban kekerasan mengalami kondisi psikis yang memprihatikan. Anak lebih cenderung agresi kepada sesamanya. Dari hasil penelitian ini menjadi alat ukur bagt peneliti dari upaya-upaya membentuk perilaku sosial seliiugga kedepan pada konteks penelitian ini anak-anak tidak menjadi korban kekerasan dari orangtuanya.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Mar 2024 17:06
Last Modified: 30 Jul 2024 10:18
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item